Jelang Musim Hujan Situ Cipondoh Direklamasi Untuk Pembangunan Jogging Track

Pembangunan Jogging Track di Situ Cipondoh Kota Tangerang.

KOTA TANGERANG, MCNN — Jelang musim penghujan Situ Cipondoh dibangun lintasan lari (Jogging Track), Situ Cipondoh yang berada di Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang berfungsi sebagai wadah penampungan air pembuangan rumah tangga masyarakat Cipondoh namun sebagian sisinya direklamasi.

Hal tersebut membuat pemerhati lingkungan dari Saba Alam Indonesia Hijau ( SAIH ) geram, pasalnya pemanfaatan fungsi situ Cipondoh bakal tidak maksimal dikhawatirkan bisa menimbulkan banjir di wilayah sekitar Situ Cipondoh.

“Kalau kita lihat aspek kebutuhan masyarakat hari ini fungsi Danau Cipondoh itu sebagai tandon, dan bila Tandon itu sudah sendimentasi seharusnya danau itu dilakukan normalisasi bukan direklamasi,” jelas Pahrul Roji selaku Founder SAIH, Selasa (10/11/2020).

Menurut Pahrul Roji dirinya bukan ingin menghalangi pembangunan pihak Pemerintah Provinsi Banten di Kota Tangerang. Namun sebaiknya Pemerintah Provinsi Banten memikirkan kepentingan masyarakat banyak dan baiknya bekerjasama dengan pihak Pemerintah Daerah setempat.

“Saat saya hubungi pihak pemerintah setempat tidak mengetahui jelas kenapa dibangun Jogging Track, mereka (pihak provinsi-red) bilang awalnya kepada pemerintah setempat bakal dilakukan pengerukan namun kenyataannya malah dilakukan pengurugan sebagian danau, kemarin saya lihat langsung kaget melihat tumpukan tanah di dekat pintu air ke saluran irigasi arah sungai Mookevart,” ujarnya.

Tumpukan urugan tanah di Situ Cipondoh Kota Tangerang, di sisi jalan KH. Hasyim Ashari dekat pintu air ke saluran irigasi ke sungai Mookevart.

Di saat hujan lebat dikhawatirkan ketika air berlimpah meluap ke jalan dan mengakibatkan banjir di wilayah perumahan sekitar.

“Perumahan Alam Indah, Komplek PDK, bahkan perumahan Banjar Wijaya bisa banjir bila aliran air tidak lancar air bisa tumpah ke badan jalan juga,” tegas Arul sapaan akrab Founder SAIH.

Arul menduga bahwa mereka membangun Jogging Track tersebut ada kepentingan pribadi dari pihak Provinsi Banten, karena diketahui lokasi dibangunnya Jogging Track tersebut berdekatan dengan sebuah rumah makan milik dari pejabat Pemerintah Provinsi Banten.

Saat dikonfirmasi, Camat Cipondoh Rizal Ridolloh pun mengatakan hal serupa bahwa kegiatan pembangunan di Situ Cipondoh akan dijadikan sebagai Jogging Track.

“Informasinya akan dibuat Jogging Track, lebih jelasnya silahkan koordinasinya dengan Dinas PUPR Provinsi Banten,” singkatnya.
(Ups)

 1,708 kali dilihat,  4 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan