Tingkatkan Skill, Petugas Ambulans Dinkes Kota Tangerang Lakukan Pelatihan Water Rescue Bersama Tagana

Pemberian materi Water Rescue oleh Tagana kepada petugas ambulans dinas kesehatan Kota Tangerang di Bantaran sungai Cisadane.

KOTA TANGERANG, Cybernewsnasional.com — Meningkatkan skill atau keterampilan petugas ambulans dari dinas kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang, Sopir, perawat dan penanggung jawab UGD Puskesmas di Kota Tangerang ikuti pelatihan water rescue. Rabu (24/04/2024).

Kegiatan tersebut merupakan kolaborasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang dengan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangerang, Tagana yang merupakan petugas di bawah Dinsos yang kerap merespon bencana di Kota Tangerang menggelar pelatihan water rescue di Sungai Cisadane, Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dari Dinas Kesehatan, Wuri Harnaning menjelaskan, mengingat adanya potensi bencana banjir di Kota Tangerang, maka Dinkes Kota Tangerang sebagai tim penyelamatan juga perlu dibekali kemampuan water rescue. Sehingga, dalam kondisi terdesak bisa dengan sigap ikut melakukan penyelamatan bersama BPBD Kota Tangerang.

“Secara teknis lapangan, petugas ambulans memang hanya ada dalam zona hijau di situasi bencana. Namun, kita tak pernah tau kondisi nyata di lapangan. Hal-hal yang tak terduga itulah yang kita antisipasi dengan pengembangan skill atau kemampuan dari petugas ambulans kami,” ungkap Wuri, di sela pelatihan berlangsung.

Kata Wuri, kegiatan ini diikuti 72 peserta dari petugas ambulans dan menjadi komitmen nyata Dinkes Kota Tangerang sebagai tim penyelamatan dan kesiapsiagaan menolong dan membantu masyarakat Kota Tangerang dalam kondisi terdesak.

“Semakin banyak skill pertolongan yang dimiliki petugas kesehatan dari Dinkes Kota Tangerang. Maka, semakin terasa keberadaan dan kesiapsiagaan petugas kesehatan Kota Tangerang untuk masyarakat Kota Tangerang. Dengan water resque seperti ini, petugas kesehatan dapat lebih memahami kecepatan pertolongan,” tutur Wuri.

Petugas ambulans diberikan keterampilan teknik mengangkat korban dalam pelatihan water rescue.

Sementara itu, Ketua Tagana Kota Tangerang Faturrohman menyatakan, dalam kegiatan ini Tagana memberikan pelatihan peningkatan kapasitas para petugas ambulans. Mulai dari materi hingga praktik, dari pengenalan alat-alat SAR, pengoperasian perahu hingga teknik-teknik penolongan korban di tengah bencana banjir.

“Kami Tagana berupaya memberikan pelatihan secara nyata yang benar-benar dapat dirasakan langsung oleh para peserta, bagaimana cara melakukan pertolongan di tengah banjir. Sehingga, nantinya petugas ambulans juga bisa melakukan pertolongan dengan teknik atau cara yang benar dan tepat untuk masyarakat Kota Tangerang,” tutup Fatur. (Ups)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.