Tingkatkan Akurasi, Pemkot Siapkan 2 Alat Tes Covid-19

KOTA TANGERANG, MCNN – Sebagai langkah antisipasi dan untuk mendapatkan data yang akurat tentang masyarakat yang terdampak Covid-19, Pemkot Tangerang siapkan dua alat tes di Labkesda Kota Tangerang.

Wali Kota Tangerang H. Arief R. Wismansyah menjelaskan, kedua alat yang dimiliki diantaranya Tes Cepat Molekuler (TCM) dan Polymerase Chain Reaction (PCR).

“Untuk TCM hasilnya bisa lebih cepat dibanding PCR,” ucap Arief saat meninjau Labkesda Kota Tangerang, Rabu (3/6/20).

Dijelaskan, kendati demikian, masih ada kendala dalam pemanfaatan PCR dimana terbatasnya jumlah reagen yang menjadi unsur yang diperlukan agar alat tes PCR dapat digunakan.

“Untuk sekarang kita cuma memiliki 311 reagen, yang diprioritaskan untuk pasien yang saat ini berstatus positif. Statusnya saat ini sebanyak 133 pasien masih positif dan harus dilakukan dua kali tes pcr untuk mendapat hasil akurat,” ucap Arief.

Arief sudah menganggarkan sebanyak 1000 reagen yang nantinya digunakan pada alat tes PCR dan TCM.

“Tapi karena jumlahnya terbatas mungkin akan diprioritaskan untuk warga Kota Tangerang,” jelasnya.

“Jika memungkinkan akan ditambah lagi reagennya agar bisa digunakan untuk masyarakat yang lebih luas,” tambah Arief.

Wali Kota juga mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan Covid – 19 untuk tetap memutus rantai penyebaran virus.

“Saya kembali mengingatkan kepada masyarakat bahwa vaksin yang ada saat ini adalah tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19,” ujar Arief.

“Selalu menggunakan masker, jaga jarak serta sering cuci tangan, intinya harus disiplin dengan protokol kesehatan,” pungkas Wali Kota. (Hms/Red)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.