Anniversary I Komunitas Arus, Kadiskan Kabupaten Sukabumi Hadiri dan Beri Himbauan Khusus

SUKABUMI, CYBERNEWSNASIONAL.COM – Merayakan Anniversary pertamanya, Komunitas Arus menyelenggarakan kegiatan mancing bareng dan pelepasliaran (rilis) ikan yang dilaksanakan di Situ Zen

Kp. Cisitu, Desa Sukamulya, RT.16/RW.6, Pasir Datar Indah, Kec. Caringin, Kabupaten Sukabumi, Minggu (11/06/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi, Nunjng Nurhayati, S.Sos KP M.Si didampingi Subkoor Pengelolaan SDKP Tangkap beserta staff lainnya.

Juga hadir Anggota Koramil Caringin beserta anggota, Kepala Desa, Staff Caringin beserta staff lainnya.

Kepada awak media, Kadiskan Nunung menuturkan, Partisipasi komunitas pemancing dalam memeriahkan Anniversary ke 1 Komunitas ARUS ini sangat penuh antusiasme.

“Partisipasi tersebut mendorong terciptanya interaksi antar stakeholder yang mampu menciptakan hubungan harmonis dan sinergi dalam upaya pelestarian ikan di Kecamatan Caringin.

Terpantau, Subkoordinator Pengelolaan Suberdaya Kelautan dan Perikanan Tangkap membuka acara kegiatan mancing bersama tersebut dengan memberikan sambutan mengenai pelestarian ikan lokal/ ikan asli.

“Upaya rilis atau restocking ikan hasil tangkapan, terutama ikan lokal seperti tawes, Nilem dan Sidat sangat membantu upaya pelestarian,” ujar Nunung menambahkan.

Kadiskan juga menyampaikan apresiasi daru Dinas Perikanan serta mengucapkan selamat dan sukses atas perayaan anniversary Komunitas Pemancing ARUS (Angler Rungkad Sukabumi) ke 1.

“Kata Rungkad sendiri merupakan singkatan dari kalimat Riungan Urang Ngajadi Kadedeuh yang bermakna agar kumpulannya atau komunitas tersebut menjadi kesukaan dan dapat memberikan manfaat. Komunitas yang terbilang baru ini, saat ini sudah banyak berkontribusi untuk kegiatan sosial, adapun kegiatan yang rutin dilakukan komunitas ini diantaranya : Bersih sungai, Penanaman pohon di Sempadan sungai, , memberikan santunan anak yatim yang dananya bersumber dari swadaya komunitas, dan kegiatan sosial lainnya,” terangnya.

Kadiskan Nunung juga menyampaikan apresiasi partisipasi dari para komunitas selama ini atas kesediannya untuk terus mencatat hasil tangkapannya, dimana data yang di berikan oleh komunitas ini menjadi salah satu sumber informasi mengenai kondisi sumberdaya ikan khususnya perairan darat di Kabupaten Sukabumi.

“Kami menghimbau kepada para komunitas pemancing selaku ujung tombak pelaku usaha perikanan tangkap di Sungai agar dapat bersama- sama menjaga kelestarian ekosistem perairan khususnya perairan darat melalui upaya bersih sungai, Penanggulangan ikan invasif dan kegiatan positif lainnya yang dapat di tularkan kepada masyarakat luas.

Diharapkannya juga, para komunitas pemancing terus berupaya untuk mendeklarasikan pelestarian ikan dan pencegahan ilegal fishing serta turut serta dalam mengawasi kegiatan perikanan di perairan setempat secara langsung ataupun berdiskusi melalui social media dengan sesama komunitas pemancing aktif di Sukabumi.

“Selain pembukaan mancing bersama, Dinas Perikanan bersama Koramil dan komunitas pemancing juga melakukan pelepasliaran ikan di Situ Zen. Ikan yang ditebar adalah ikan lokal Sukabumi yaitu ikan Tawes ukuran 5-6 cm sebanyak 3.000 ekor, pelepasliaran ikan ini merupakan salah satu upaya untuk pelestarian ikan asli yang ada di Kabupaten Sukabumi. Kegiatan pelepasliaran ini di harapkan dapat diikuti juga oleh para pemancing dan pelaku usaha perikanan lainnya,” tandas Kadiskan.

Nunung juga berharap, kegiatan mancing bersama ini dapat memperkuat jalinan silaturahmi antar komunitas pemancing di Kabupaten Sukabumi dengan instansi pemerintahan baik dari kecamatan maupun Dinas perikanan, sehingga dapat bersinergi dalam pengelolaan perikanan darat yang berkelanjutan dan upaya peningkatan potensi ekonomi khususnya perikanan di Kecamatan setempat.

Turut hadir dan meramaikan acara berbagai komunitas yaitu, Komunitas Mancing KEMPISS, Komunitas Mancing SMLC, Komunitas Mancing GGS, Komunitas Mancing SAAC, Komunitas Mancing KEMPIS, Komunitas Mancing KOMPILASI, Komunitas Mancing SMS, Komunitas, Mancing PEPES, Komunitas Mancing BELWICH, Komunitas Mancing ALS, Komunitas Mancing KOMPASS, Komunitas Mancing BMS, Komunitas Mancing BEDUG, Komunitas Mancing BMMS, Komunitas Mancing PANDAWA, Komunitas Mancing CADAS, Komunitas Mancing CMC, Komunitas Mancing MMS, Komunitas Mancing CSHC, Komunitas Mancing NGELUS, Komunitas Mancing AAD, Komunitas Mancing BAC, Komunitas Mancing KOMBES, Komunitas Mancing ARUS dan Komunitas Mancing CCM.

(A Zazuli)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.