Ternyata Ini Fakta Keindahan Berbalut Mitos Curug Cikaso Ujung Genteng, Eksotik !

SUKABUMI, Cybernewsnasional.com Tak kalah dengan destinasi wilayah di Kabupaten Sukabumi, Curug Cikaso merupakan salah satu air terjun yang masih alami dan memiliki panorama alam yang begitu indah.

Dikelilingi pepohonan hijau dan memukau, Curug Cikaso memiliki ketinggian 80 meter dan lebar kurang lebih 100 meter dan terbagi menjadi beberapa aliran air terjun.

Tiga tumpahan air terjun menambah eksotik destinasi wisata Curug Cikaso
Tiga tumpahan air terjun menambah eksotik destinasi wisata Curug Cikaso

Berlokasi di Kampung Ciniti, tepatnya di Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Destinasi wisata alam yang indah memesona dengan limpahan 3 air terjun ini menjadi salah satu tempat wisata alam idola pengunjung di Ujung Genteng.

Selain view yang indah, ternyata Curug Cikaso juga menyimpan mitos dan beberapa fakta lho !, Konon air terjun yang indah ini ternyata memiliki ‘penunggu’.

Dari cerita tutur yang tersebar di warga sekitar, ‘penunggu’ dari Curug Cikaso adalah Nyi Blorong.

Diceritakan bahwa Nyi Blorong menunggu Curug Aseupan, Eyang Santang menunggu Curug Meong, dan Prabu Siliwangi merupakan penunggu dari Curug Aki.

Terlepas dari mitos yang ada, kembali kepada kepercayaan masing-masing. Namun dihimbau untuk pengunjung untuk memperhatikan setiap himbauan dari pengelola Curug Cikaso.

Nah, diantara fakta menarik dari air terjun eksotik ini adalah memiliki 1 curahan dengan 3 tumpahan air terjun, hal itu semakin membuat pengunjung terpesona dengan pemandangan dan sensasi air “tampyas” dengan percikan yang menyegarkan dan kadang terbawa angin.

Fakta lainnya adalah ketiga titik curahan air terjun tersebut juga memiliki nama masing-masing, yaitu Curug Aseupan, Curug Meong, dan Curug Aki.

Air dari Curug Cikaso ini melimpah ke dalam kolam yang berwarna biru kehijauan. Hasil dari limpahan ketiga curug yang menjadi curahan Curug Cikaso ini memang benar-benar membuat pendaran warna yang indah dan memberikan suasana sejuk.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung, Curug Cikaso cukup mudah ditemukan karena letaknya hanya sekitar 8 km dari Surade atau bisa klik di google map.

Untuk jarak tempuh dari Jampang Kulon, Air terjun ini akan bisa ditempuh dalam jarak 15 km. Jika dari Ujung Genteng, wisatawan akan menempuh jarak sekitar 32 km.

Kemudian untuk menuju ke Curug Cikaso ini harus melakukan perjalanan menuju Pantai Ujung Genteng dengan trek yang cukup menantang.

 

Perlu persiapan fisik bagi yang belum terbiasa pergi ke tempat wisata alam dan pastinya akan merasa tertantang. Sehingga perlu juga mempersiapkan kendaraan yang benar-benar layak jalan.

Jangan khawatir, kendaraan diparkir di tempat parkir khusus wisatawan yang aman dan telah disediakan oleh pihak pengelola wisata alam Curug Cikaso. Setelah itu, wisatawan harus berjalan kurang lebih 1 km untuk mencapai ke lokasi air terjun. Menantang !

(A Zazuli)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.