Sekkab Kepulauan Seribu Pastikan Masyarakatnya Dapatkan Layanan JKN yang Berkualitas

JAKARTA UTARA, Cybernewsnasional.com – Peran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) merupakan hal penting untuk meningkatkan kualitas dan keberlangsungan Program JKN. Khususnya dalam mendorong para pemangku kepentingan yang mempunyai tugas dan fungsi masing-masing untuk memberikan layanan bagi peserta JKN.

Ditemui di Gedung Mitra Praja, Sekretaris Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Eric PZ Lumbun mengungkapkan selalu menyambut baik saat bersinergi dan kolaborasi dengan BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Utara untuk melayani masyarakat sejak ia menjabat tahun 2017.

“Sampai dengan saat ini hubungan dengan BPJS Kesehatan sudah sangat baik, bisa dikatakan mesra. Kehadiran Jaminan Kesehatan Nasional sangat bermanfaat untuk
masyarakat Kepulauan Seribu yang mayoritas ekonominya menengah kebawah, sangat penting diintervensi masalah kesehatannya dengan program promotif dan preventif dari BPJS Kesehatan. Tugas kami untuk mendata dan memastikan semua penduduk telah memiliki jaminan kesehatan, status kepesertaannya aktif atau tidak, harus kita dorong agar mereka aware,” ujar Eric.

Eric juga mengungkapkan bahwa Pemkab Kepulauan Seribu selalu mengedukasi masyarakat terkait dengan Program JKN beserta inovasinya, salah satunya Mobile JKN dengan segala fitur yang bermanfaat agar masyarakat lebih paham. Tidak sekedar edukasi, bahkan ia mendorong masyarakat menggunakan aplikasi tersebut.
Tentunya hal ini juga bisa dilakukan dengan berkolaborasi dengan BPJS Kesehatan yang lebih paham secara teknis.

Menurutnya hidup adalah tentang kepercayaan, untuk menjaga kepercayaan masyarakat tersebut kita jangan hanya
menginformasikan saja, akan tetapi kita tularkan dengan saling membantu dan bekerjasama.

“ Dalam pelaksanannya Program JKN sudah pasti ada beberapa permasalahan yang ditemukan. Itulah penting diadakan rutin kegiatan pemantauan dan evaluasi bersama dengan pemangku kepentingan lainnya. Kita harus menjaga agar pelayanan yang diberikan kepada masyarakat berjalan dengan lancar, ibarat saluran harus selalu lancar, jika ada sumbatan harus cepat dihilangkan bersama-sama agar cepat lancar kembali, disitulah pentingnya sebuah kolaborasi,” ujar Eric.

Dikarenakan kondisi wilayah Kepulauan Seribu yang harus melewati akses yang
mengandalkan alam untuk ke wilayah darat, maka ia mengharapkan penyakit yang diderita penduduk bisa tuntas di Puskesmas, tanpa dirujuk ke darat. Eric menceritakan
impian Pemkab Kepulauan Seribu yang memang sudah direncanakan yakni terkait peningkatan tipe rumah sakit, dengan meningkatkan sarana dan prasarana yang ada.
Sehingga jika ada masyarakat membutuhkan penanganan yang cepat, tidak harus dirujuk.

Keinginannya sangat tinggi untuk meningkatkan tipe fasilitas kesehatan yang ada di Kepulauan Seribu guna tingkatkan layanan JKN.

“ Meskipun wilayah terpencil di DKI, pola pikir masyarakat disini tidak primitif dan sudah sadar harus memiliki jaminan kesehatan. Kita tinggal meningkatkan kualitas dari segi pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Dan saya jamin sepenuhnya bahwa pelayanan fasilitas kesehatan di Kepulauan Seribu tidak pernah ada diskriminasi terhadap peserta JKN. Saya selaku masyarakat juga menginginkan keadilan,
terutama dari pelayanan dokter, keramahan tenaga kesehatan terlepas perbedaan dari segi iuran. Program JKN adalah milik kita, mari kita dukung bersama agar
masyarakat kita sehat,” tutup Eric. ***(Sunarno)***

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.