Pernah Raih Juara, Desa Kadu Curug Dikunjungi Tim Studi Tiru Dari Kabupaten Paser Kalimantan Timur

Tim studi tiru
Kepala Desa Kadu, M Asdiansyah saat menerima Tim Studi Tiru dari Kaltim.

KABUPATEN TANGERANG, Cybernewsnasional.com – Sebanyak puluhan kepala desa di Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur melakukan studi tiru guna melakukan pencapaiannya di Desa Kadu, Curug, Kabupaten Tangerang, pada Rabu (25/10/2023).

Kepala Desa Kadu, M Asdiansyah, S.H., mengatakan, kedatangan rombongan kepala desa dan tim se-Kabupaten Paser di Desa Kadu dalam rangka melakukan studi tiru, salah-satunya  untuk menerapkan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) dengan terintegrasi sistem perbankan.

Desa Kadu
Kepala Desa Kadu, M Asdiansyah.SH.

Pemerintah Daerah Kabupaten Paser yang akan menjadi penyanggah Ibu Kota Nusantara (IKN) nantinya akan belajar dari Desa Kadu yang mempunyai potensi mendorong perekonomian di kalangan masyarakat seperti  dengan cara membangun UMKM seperti olahan makanan ringan, topi, serta ukiran kayu yang mempunyai nilai seni dan memiliki nilai jual.

“Jadi mereka memilih Desa Kadu karena di era masa jabatan saya juga pernah menjadi juara 1 Bina Wilayah tingkat Provinsi Banten, dan lomba memasak inovasi dari bahan ikan dengan gizi yang tinggi guna menurunkan angka stunting,” kata Kades Kadu M. Asdiansyah yang kerap di sapa Lurah Meong.

Studi Tiru
M.Asdiansyah saat bertukar cindera mata dengan Tim Studi Tiru Kabupaten Paser Kaltim.

Ia mengatakan, Desa Kadu sampai saat ini masih berupaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan juga Desa Kadu selalu meningkatkan prestasi untuk terus menjadi percontohan kepada daerah lainnya.

“Minta do’anya aja semoga Desa Kadu terus menjadi percontohan dari daerah lain dan bisa berguna bagi masyarakat setempat khususnya masyarakat kabupaten Tangerang,” pungkasnya.

Sementara Kabid Penataan Keuangan dan Aset Desa DPMPD Kabupaten Pasir, Ali Hamzah mengatakan, studi tiru di hari ke-3 di setiap desa yang ada di kabupaten Tangerang belajar untuk bisa mengaplikasikan  Siskeudes sehingga di seluruh desa Kabupaten Paser Kalimantan Timur.

Ia menyatakan, dalam rangka studi tiru banyak yang sudah di dapat seperti proses pengaplikasian keuangan Pendapatan Keuangan Desa (PADES) dan juga prodak unggulan desa.

“Jadi, jika kita lihat Kabupaten Tangerang sudah lama melakukan proses ini, justru saya bisa belajar untuk pengembangan aplikasi dan juga banyak sekali kita bisa meniru untuk dicontohkan di Kabupaten Pasir yang nantinya akan menjadi penyanggah Ibu kota Nusantara (IKN) di Kalimantan,” Pungkasnya.

***(MS/Angga)***

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.