Kolaborasi IPI dan Danone Bantu Pemulung Korban Kebakaran TPA Rawa Kucing

Ketua Umum BPP IPI, Priss Polly Lengkong (Kaos Putih Topi Hitam) bersama Direktur Sustainability Danone AQUA, Karyanto Wibowo (Kaos Hitam) memberikan bantuan kepada Pemulung korban Kebakaran TPA Rawa Kucing. (Foto Supriyadi Ups)

KOTA TANGERANG, Cybernewsnasional.com — Ikatan Pemulung Indonesia (IPI) berkolaborasi dengan Danone AQUA bantu pengungsi korban kebakaran TPA Rawa Kucing yang umumnya berprofesi sebagai pemulung di TPA tersebut.

Kebakaran yang terjadi sejak Jum’at (20/11/2023) di TPA Rawa Kucing amat berdampak bagi kehidupan para pemulung yang kerap mengais rejeki di lokasi tersebut.

Ketua umum Badan Pengurus Pusat (BPP) IPI, Priss Polly Lengkong mengatakan pengurus IPI segera bergerak memberikan bantuan setelah mengetahui bahwa kondisi kebakaran TPA Rawa Kucing di Kota Tangerang tak kunjung padam.

“Kita sudah 10 hari disini mendirikan tenda darurat memberikan bantuan kepada korban yang terdampak, diantaranya bantuan makanan siap saji dan kebutuhan pokok lainnya, dan sudah empat hari ini Kita berkolaborasi dengan Danone AQUA,” terang Polly, Kamis (03/11/2023).

Kolaborasi Ketua Umum BPP IPI bersama Direktur Sustainability Danone AQUA menghibur para pemulung yang hadir sebelum memberikan bantuan. (Foto Supriyadi Ups)

Pasca kebakaran dan pada hari ini secara resmi dicabutnya status Tanggap Bencana Darurat kebakaran TPA Rawa Kucing, BPP IPI bersama Danone AQUA membagikan secara langsung ratusan paket sembako kepada para pemulung yang kala itu kembali beraktivitas di TPA Rawa Kucing.

“Sekarang Kita bagikan bahan pokok yang ada, dan selama kegiatan ini bersama pengurus kami menjadi pelayan mereka, dimana kita menyediakan makan siang mereka dengan membuka dapur umum,” terang Priss Polly.

Di waktu bersamaan, Direktur Sustainability Danone AQUA, Karyanto Wibowo mengatakan pihaknya bersama IPI kerap melakukan kerjasama dalam upaya pemberdayaan pemulung. Menurutnya pemulung merupakan garda terdepan dalam pengolahan sampah di Indonesia.

“Kita bersama IPI sebagai salahsatu mitra strategis Kami, Kita berkolaborasi untuk berupaya memberdayakan pemulung, karena pemulung itu adalah ujung tombak kalau Kita berbicara pengolahan sampah di Indonesia, tetapi dalam hal ini kondisi mereka perlu kita dukung agar mereka bisa mendapatkan kehidupan yang layak,” jelasnya.

Direktur Sustainability Danone AQUA, Karyanto Wibowo diwawancarai di TPA Rawa Kucing usai membagikan bantuan kepada para pemulung yang terdampak dari peristiwa Kebakaran TPA. (Foto Supriyadi Ups)

Selain bantuan kebutuhan saat bencana TPA Rawa Kucing saat ini, kolaborasi bersama IPI menurut Karyanto Wibowo kerap mereka lakukan guna menunjang peningkatan taraf hidup pemulung.

“Kami di Danone bersama dengan IPI saat ini membangun kolaborasi strategis agar para pemulung itu bisa naik kelas, mereka bisa mendapatkan kehidupan yang lebih layak daripada kondisi yang sekarang,”ungkapnya.

Dalam kesempatan bertemu dengan ratusan Pemulung di TPA Rawa Kucing, Karyanto Wibowo menyampaikan pesan agar para pemulung turut serta menjaga dan mencegah TPA agar tidak terjadi lagi kejadian serupa kedepannya.

“Saat ini Kebakaran TPA di Indonesia cukup masif ada puluhan TPA yang terbakar, memang salahsatunya disebabkan karena kemarau panjang yang luar biasa sampai saat ini. Tetapi penyebab lain yang diduga karena, seperti puntung rokok atau mungkin aktifitas-aktifitas yang bisa menyebabkan terjadinya kebakaran,” ujarnya.

“Maka Kami tadi menyampaikan pesan ke pemulung agar mereka memperhatikan hal tersebut, tidak merokok saat mereka mencari barang bekas di TPA sehingga kedepannya kebakaran bisa dicegah.” Sambung Karyanto Wibowo. (Ups)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.