Kadiskominfo Jabar : Wartawan Diharapkan Terus Perkuat Upaya Jabar Sapu Bersih Hoaks

BANDUNG, CYBERNEWSNASIONAL.COM – “Wartawan diharapkan menjadi garda terdepan dalam memerangi hoaks, sejalan dengan misi unit khusus Jabar Sapu Bersih Hoaks”,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat, Dr. Ika Mardiah, M.Si.

Hal itu disampaikannya saat membuka Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselengggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat, di Grand Asrilia Hotel Convention Jalan Pelajar Pejuang 45 No. 123 Bandung, Selasa (15/11/2022).

Kadis Kominfo Jabar tersebut menambahkan, peran wartawan yang disampaikan diatas diantaranya untuk turut menyukseskan pemilu serentak 2024. Sehingga, warga masyarakat percaya bahwa pemilu itu adalah hal terbaik untuk melakukan perubahan, untuk memilih para pemimpin.

“Jangan sampai warga negara kita pesimistis dengan Pemilu. Tapi saya harap memberikan semangat  kepada warga kita, bahwa pemilu itu akan memberikan perubahan terhadap kehidupan kita ke arah yang lebih baik,” cetusnya.

Ika Mardiah juga menyampaikan permohonan maaf kepada Panitia UKW dan pengurus PWI Jawa Barat, karena Gubernur Ridwan Kamil, tidak bisa menghadiri kegiatan ini, sehubungan ada kegitan lain di Bali. Sementara Wakil Gubernur juga sedang melakukan kegiatan di Tasikmalaya dan menugaskan dirinya untuk membuka UKW PWI angkatan 49, 50 dan 51.

Sementara itu, ketua PWI Jawa Barat Hilman Hidayat dalam sambutannya mengatakan, UKW yang diikuti 100 peserta ini merupakan bagian dari realisasi kerjasama PWI dengan Pemda Provinsi Jawa Barat. Sebagaimana sebelumnya telah dijanjikan Gubernur Ridwan Kamil.

“Kegiatan ini merupakah bagian dari realisasi janji pak gubernur tentang 1000 UKW gratis, untuk meningkatkan profesionalis wartawan di Jawa Barat,” ujar Hilman.

Hilman menambahkan, sebenarnya ada tiga program utama Pemda Jabar yang dijanjikan gubernur Jabar untuk diakselerasikan dengan program PWI.

“Ketiga program tersebut antara lain, pertama mendukung dan berusaha meningkatkan indeks kemerdekaan pers dan hasilnya saat ini jabar ada di posisi kedua. Kedua meningkatkan profesionalisme kewartawanan diantaranya melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) gratis bagi 1000 Wartawan di Jawa Barat. Ketiga berusaha membantu meningkatkan kesejahteraan anggota PWI,” tutup Hilman.

(A Zazuli)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.