Intensitas Hujan Tinggi, Satu Kolam Warga Tertimbun Tanah Longsor di Cicantayan

SUKABUMI, CYBERNEWSNASIONAL.COM – Disinyalir akibat intensitas hujan cukup tinggi dan debit air yang mengaliri saluran irigasi tak mampu dibendung oleh tanah disekitarnya, satu kolam warga tertimbun longsor tanah di Kampung Kemang Rt 02/Rw 02 Desa Cicantayan Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, Rabu (04/12/2023)

Diketahui, selain 1 kolam tertimbun longsor ada juga 1 rumah terendam puluhan sentimeter dan 8 kolam terancam gagal panen ikan.

P2bk Kecamatan Cantayan Walda Sm Alam mengatakan, dengan adanya kejadian longsor tersebut, pihaknya segera berkoordinasi dengan Forkopimcam, Pemdes, Babinsa, Babinkamtibmas, Damkar, Pol PP dan relawan guna assesment ke lokasi.

“Kami bersama-sama warga gotong royong mengalihkan aliran sungai kemudian memberi himbauan kepada masyarakat untuk tetap waspada, ” kata Walda.

Ditempat yang sama, pemilik kolam yang tertimbun longsor Eden mengungkapkan, Ia pada sore hari hujan begitu deras sekitar pukul 14:30 wib melihat ada aliran air dari bawah irigasi. Tidak lama kemudian, tanah yang menempel ke irigasi longsor menutupi kolam yang diatas tanahnya terdapat pohon nangka dan rambutan.

“Saya berterimakasih pada Pemerintah Desa atas penanganan sementara dengan memasang paralon besar untuk menjembatani aliran yang terputus akibat longsor. Saya berharap selanjutnya ada perbaikan kembali irigasi yang longsor, sehingga aliran air bisa mengalir sebagai mana mestinya tidak seperti saat ini, ” ujar Eden penuh harap.

(Azhari M)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.