Paguron Panca Raga Laksanakan Binaan Pada Peserta Usia Dini 

Panca Raga
Foto : Anggota Paguron Panca Raga usai melakukan latihan.

SUKABUMI, CYBERNEWSNASIONAL.COM – Paguron Panca Raga gencar melaksanakan pembinaan peserta didik usia dini di Lapangan MDTA Tarbiyatussunah Kampung Cantayan RT.05-RW.01 Desa Cicantayan, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi.

Ketua sekaligus Pembina Paguron Panca Raga Desa Cicantayan Rusmayadi mengungkapkan, bahwa pada hari ini sedang melaksanakan kegiatan pembinaan di bidang prestasi, karena menurutnya bidang tersebut sedang gencar dilaksanakan yang nantinya dipersiapkan untuk menjadi atlet-atlet Sea Games.

“Kegiatan ini melibatkan 1 paguron Panca Raga dan perlu diketahui dulu paguron tersebut bukan Panca Raga tapi Paguron Tutur Jalur yang berdiri tahun 2003 yang didirikan dari berbagai unsur. Sehingga diganti kembali menjadi Paguron Nyukcruk Jalur dan sekarang diganti menjadi Panca Raga. Alhamdulillah pada Tahun 2019 kami menjuarai seni tradisi pencak silat katagori rampak dan katagori putra putri juara III, tingkat Kabupaten Sukabumi,” ucapnya. Jum’at (12/01/2024).

“Kemudian ada juga anak didik kami dari kampung Cikareo mengikuti tingkat provinsi dapil 4 juara III sehingga saat ini kami terus membina peserta didik kami agar menjadi peserta generasi lebih baik dan exis kedepannya sehingga kami saat ini juga membuka ruang, siapa saja baik instansi dan elemen-elemen masyarakat lainnya mau berbagi ilmunya dan memfasilitasinya,”ungkapnya.

Rusmayadi menambahkan, jumlah alumni dari Paguron Tutur Jalur hingga sekarang Paguron Panca Raga sudah ada 500 orang dan hari ini juga dalam proses mengembangkan prestasi di tiap sekolah-sekolah melalui Dinas Pendidikan dan Keagamaan diantaranya SD Cikareo Desa Cicantayan, SD Ciabad Desa Hegarmanah, SD Pangkalan Desa Hegarmanah, MI Cikareo Desa Sukadamai dan MDTA Tarbiyatussunah.

“Mengenai keunggulan dari Panca Raga sendiri pertama di prestasi yang di namakan TGRS (Tongkat Golok Tanding Solo kreatif) kedua di tradisi untuk mengembangkan ilmu-ilmu leluhur orang tua terdahulu karena sedemikian rupa menjadi kesenian dan itu ada turnamen-turnamen di tingkat atas.

Tentunya juga dari Ketua Korwil III Pauzi pernah menyampaikan, bagi yang berprestasi dan telah memiliki sertifikat,  salah satunya akan mendapatkan beasiswa.

“Kami berpesan buat warga masyarakat siapapun dimana pun boleh mengikut sertakan ikut berlatih dan kami tidak membatasi dan ini salah satu berbuat baik untuk orang banyak dan berbuat baiklah selagi kalian bisa dan pergunakan ilmu sebaik-baiknya dan jangan pernah di pergunakan secara gegabah, “tutupnya.

***(@zhar)***

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.