BRIN Bersama DPR RI Buka Agrowisata Kampung Kebun Kunjay Sebagai Desa Berinovasi di Kota Tangerang

Perwakilan BRIN dan DPR RI gunting pita, secara simbolis resmi membuka Agrowisata Kampung Kebun Kunjay. (Supriyadi Ups)

KOTA TANGERANG, Cybernewsnasional.com — Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bersama mitranya Komisi VII DPR RI membuka destinasi wisata Kampung Kebun Kunjay di Kelurahan Kunciran Jaya, Pinang Kota Tangerang. Sabtu (11/12/2021).

Melalui program desa berinovasi, BRIN memberikan pelatihan kepada masyarakat melalui Karang Taruna Kelurahan Kunciran Jaya dengan inovasi berternak ikan dan bertani dengan sistem bioflok.

Wanda, selaku Ketua Karang Taruna Kunciran Jaya mengemasnya dalam bentuk agrowisata yang lokasinya tepat depan Kantor Kelurahan Kunciran Jaya di jalan H. Jali RT 11/02 Kunciran Jaya.

“Agar nantinya masyarakat bisa melihat langsung sistem pertanian dan peternakan ikan secara bioflok, dan bisa belajar langsung selain berwisata di sini bersama keluarga dan anak-anak,” jelas Wanda.

Tebar bibit ikan nila di Kolam bioflok Agrowisata Kampung Kebun Kunjay. (Supriyadi Ups)

Dalam pembukaan Agrowisata Kebun Kunjay, hadir Nuhansyah Harahap S.Kom., M.Si. selaku Wakil koordinator teknis program Desa Berinovasi, Staf ahli Anggota DPR RI Zulfikar dari fraksi Demokrat, Bagus Triyanto.

Nuhansyah Harahap, selaku perwakilan BRIN mengapresiasi langkah Ketua Karang Taruna Kunciran Jaya keluar dari pekerjaannya untuk fokus di peternakan ikan sistem bioflok.

“Saya dengar tadi Bung Wanda keluar dari zona nyamannya,  bila difokuskan nantinya hasil panen ikan nila dan sayuran bisa menjadi penghasilan yang lumayan besar dalam skala peternakan sistem bioflok skala besar, dan juga nanti bisa menjadi pelatih dalam pelatihan di masyarakat,” Ucapnya dalam sambutan di soft launching Kebun Kunjay.

Dalam kesempatan itu,  Nuhansyah pun menjelaskan bahwa BRIN bukanlah Lembaga pemberi hibah, nantinya akan melihat perkembangan program desa berinovasi secara berkala ke depannya.

“Dan pembukaan agrowisata ini secara program secara administrasinya sudah berakhir, namun secara pelaksanaannya baru dimulai, kedepan tantangan-tantangan ini dapat dijaga dan dipelihara, nanti akan kami ukur kembali bulan depan tahun depan apakah bermanfaat untuk masyarakat atau Karang Taruna, ” jelasnya.

Sisi lain, staf ahli Anggota DPR RI Komisi VII, Bagus Triyanto menjelaskan bagaimana proses awal tercetus program desa inovasi di Kunciran Jaya.

“Selaku Anggota DPR RI, bapak Zulfikar dari fraksi demokrat menyerap aspirasi masyarakat, Bang Wanda ini mengutarakan mimpi-mimpinya kepada Kami dan Kami melihat program dari BRIN ini cocok dengan yang dicitakan pemuda Tangerang ini, dan sekarang terbentuk dan sudah dilaksanakan semoga bisa bermanfaat untuk masyarakat.” ujarnya saat sambutan.

Perwakilan BRIN bersama Lurah Kunciran Jaya potong Tumpeng, simbol rasa syukur telah dibukanya secara resmi Agrowisata Kampung Kebun Kunjay. (Supriyadi Ups)

Dalam pantauan cybernewsnasional.com dalam pembukaan hadir ketua-ketua Organisasi masyarakat dan pemuda kecamatan Pinang, Lurah Kunciran Jaya didampingi sekretaris bersama perangkat RT RW, petugas TNI dan Polri, Ketua AMPD Kota Tangerang juga para aktivis pemerhati sosial.

Agrowisata Kebun Kunjay selain peternakan ikan secara bioflok terdapat ruang bermain keluarga yang bisa dinikmati keluarga dilengkapi gerai UMKM masyarakat setempat dengan produk unggulan Sirup kembang telang.

Baca Juga: Si Bulang, Minuman Ekstrak Bunga Kembang Telang Buatan Pemuda Tangerang

Masyarakat pun bisa menanam padi di salahsatu lahan pertanian yang disediakan Karang Taruna di Kebun Kunjay, namun hal tersebut tidak bisa dilakukan setiap waktu. Pengunjung bisa menanyakan kapan waktu yang tepat untuk beragrowisata menanam padi kepada pengelola, yaitu Karang Taruna Kunciran Jaya.

(Ups)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.