Tasyakuran Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional Almarhum Mama Ajengan KH Ahmad Sanusi Dilaksanakan, Warga Antusias Hadir

SUKABUMI, CYBERNEWSNASIONAL.COM – Nampak antusiasme warga yang hadir dalam kegiatan Tasyakuran Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional kepada Almarhum Mama Ajengan K.H Ahmad Sanusi yang digelar di Yaspi Syamsul ‘Ulum Jl. Bhayangkara Kel. Gunungpuyuh Kec. Gunungpuyuh Kota Sukabumi, Minggu, (13/11/2022).

Penanggung jawab kegiatan sekaligus
Ketua Umum Yaspi Syamsul ‘Ulum Gunungpuyuh, Dra. Hj. Neni Fauziah, M.Ag. mengungkapkan rasa syukurnya dalam sambutan.

“Kami mengucapkan syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan anugerahnya kepada kita bersama atas dianugerahkannya gelar pahlawan nasional oleh Presiden RI kepada almarhum kyai Haji Ahmad Sanusi sebagai salah seorang tokoh Islam.

Kami mengucapkan terimakasih kepada pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kota Sukabumi yang melalui tahapan-tahapan persyaratan administrasi dan regulasi melakukan usulan sebagai pahlawan nasional kepada kyai Haji Ahmad Sanusi,” ucapnya.

 

 

Neni juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh tokoh Ulama, Organisasi masyarakat tokoh pemuda keluarga besar dunia almarhum kyai Haji keluarga besar yayasan pondok pesantren Syamsul ulum beserta alumni dan simpatisan.

“Tentunya kepada semua pihak yang kami tidak dapat menyebutkan satu persatunya yang telah berpikir berkarya mendukung mengupayakan dan mendoakan dikukuhkannya almarhum kyai Haji Ahmad Sanusi sebagai pahlawan nasional.

Kami harapkan setelah adanya gelar yang diberikan kepada beliau atas nama Jawa Barat Kami mengharapkan ada dari pihak khusus alumni dan simpatisan untuk mensosialisasikan karya beliau.”ungkapnya.

Di tempat yang sama, Wali Kota Sukabumi H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd dalam sambutannya juga berucap syukur, Ahamdulillah, dalam kesempatan ini dapat bersilaturahim dalam keadaan sehat. Ia berharap mudah-mudahan nikmat sehat ini senantiasa Allah anugerahkan kepada kita semua.

 

“Atas nama Pemerintah Kota Sukabumi tentunya kami merasa bangga sekaligus berbahagia atas penganugerahan gelar pahlawan nasional yang diberikan kepada ulama kita, karena beliau adalah tokoh pemersatu bukan hanya di Kota Sukabumi tetapi pemersatu di Indonesia, bangga karena beliau memiliki karya-karya peninggalan yang luar biasa yang hari ini masih dapat kita nikmati karya-karya beliau.

Pada tanggal 7 November 2022, Pak Presiden atas nama pemerintah memberikan Anugerah gelar pahlawan nasional Kyai Haji Ahmad Sanusi, inilah takdir terbaik yang Allah SWT catatkan menjadi kebahagiaan bagi kita, menganugerahkan pahlawan nasional untuk tokoh dari Sukabumi,” tegas Walikota Sukabumi.

Fahmi juga mengatakan, penganugerahan gelar pahlawan nasional ini menjadi sesuatu yang membuat keberkahan bagi semua pihak. Sambil menbacakan terjemahan satu ayat Al Quran “Janganlah kalian mengira orang-orang beriman yang mereka itu mati yang mereka terbunuh di jalan Allah SWT, mereka itu mati secara fisik sudah tidak ada di tengah-tengah kita secara jasad sudah tidak ada di tengah-tengah kita tetapi secara semangat secara spirit tetap masih berada di tengah-tengah kita semua”.

“Mudah-mudahan kita jadikan keteladanan, jadikan karya-karya beliau kita jadikan kiprah beliau, semoga almarhum di tempatkan dalam tempat yang terbaik di sisi Allah SWT,” harapnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat, H. M. Ridwan Kamil melalui Vicon dalam sambutan menyampaikan hal senada. Dia mengatakan kyai Haji Ahmad Sanusi layak menjadi pahlawan nasional. Beliau adalah tokoh ulama kebanggaan Jawa Barat yang dalam masa kemerdekaan melakukan kerja – kerja untuk memastikan Negara Kesatuan Republik Indonesia bisa tegak dan langgeng lestari sampai hari ini.

“Sebelum ada tentara TNI, Polisi tentulah banyak ulama-ulama bersama santri melakukan pembelaan – pembelaan kepada negeri kita salah satunya adalah sosok kyai Haji Ahmad Sanusi dengan perjuangan intelektualitasnya bisa merumuskan berdirinya Indonesia dengan nilai-nilai kearifan dan nilai-nilai syariat yang terkandung di dalam ke Pancasila yang juga menjadikan dari butir-butir firman Allah SWT yang ada di Alquran maupun sabda rasul yang ada dalam hadis,” tandas Ridwan Kamil.

Sosok yang karob dipanggil Kang Emil itu juga mengatakan, dengan keberlangsungan Indonesia sampai hari ini maka layaklah Kita berterima kasih kepada para pendahulu kita, para ulama yang telah berjuang dengan semangat jangan sekali-kali melupakan jasa ulama dan para pahlawan.

“Jawa Barat bersyukur setelah sekian lama belum mendapatkan gelar pahlawan nasional di Tahun 2022 ini dianugerahi gelar pahlawan nasional untuk sosok ulama kami Jawa Barat kyai Haji Ahmad sanusi.

Kembali lagi atas nama pribadi atas nama Gubernur atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Barat saya menghaturkan selamat kepada kita semua khususnya keluarga besar kyai Ahmad sanusi.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pahlawannya dan kita harus menjadi bangsa yang besar yang meneladani dan melanjutkan cita-cita para pahlawan,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan antara lain, dr. Dodo Suhendar MM ( Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat ), H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd ( Walikota Sukabumi ), Mayor Inf Suntoro ( Kasdim 0607/Kota Sukabumi ),Kompol Wisnu ( Kabagops Polres Kota Sukabumi), Dra. Hj. Neni Fauziah, M.Ag. ( Ketua Umum Yaspi Syamsul ‘Ulum ), KH. Mustafa Kamal ( Ketua Tim Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan Al – qur’an ), Dr. H. Munandi Shaleh S.Ip., M.Si ( Ketua Umum DPD PUI Kota Sukabumi ), Baden Badrudin S.Ag., M.Pd ( Sekretaris Umum DPD PUI Kota Sukabumi ), Para Ulama Sukabumi dan Santri dan Santriwati Yaspi Syamsul ‘Ulum .

(Azhari M)

Sumber : Pendim 0607

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.