Penyu di Pantai Pangumbahan Terancam Punah Akibat Aktivitas Nelayan, Warga Lapor Dinas Perikanan

Pantai Penyu Pangumbahan Ciracap Sukabumi. Foto : bandung.bisnis.com
Pantai Penyu Pangumbahan Ciracap Sukabumi. Sumber Foto : bandung.bisnis.com

SUKABUMI, CYBERNEWSNASIONAL.COM – Sebuah video dikirimkan kepada Kepala Dinas Perikanan, Nunung Nurhayati, S.Sos.KP.MSi untuk disampaikan kepada Bupati Sukabumi H.Marwan Hamami, MM untuk dilakukan tindakan, Selasa (07/03/2023).

Video tersebut berisi sebuah tayangan yang menunjukkan situasi malam di Pantai Penyu Pangumbahan Desa Pangumbahan, Ciracap Kabupaten Sukabumi yang diketahui sebagai wilayah konservasi Penyu.

Penyu di kawasan Pantai Penyu Pangumbahan, Ciracap Sukabumi. Sumber Foto : Masterplandesa.com
Penyu di kawasan Pantai Penyu Pangumbahan, Ciracap Sukabumi. Sumber Foto : Masterplandesa.com

Dalam video tersebut, disebutkan bahwa lampu nelayan sangat banyak seperti lampu kota metropolitan. Penyu yang akan bertelor tidak akan mau naik ke pantai karena takut dengan para nelayan yang sangat banyak di malam hari.

“Kalau begini terus penyu akan habis disini. Meskipun kewenangan Provinsi, tapi dimohon Bapak Bupati mengambil tindakan,” ucap warga tersebut yang menyebutkan pembuatan video pada pukul 02.00 dinihari.

Pembuat Video juga menyebut terkait lambang Kabupaten Sukabumi yang bersimbol Penyu.

Bagaimana dengan simbol Kabupaten Sukabumi jika Penyu habis punah disini, demikian dikatakannya.

Sehingga diharapkan untuk diadakan penertiban dan patroli khusus, mengingat wilayah tersebut adalah salah satu kawasan konservasi.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan segera memberikan statemen khusus bahwa Dinas Perikanan akan segera menyampaikan hal tersebut kepada Bupati Sukabumi dan mengambil tindakan.

“Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi selalu cepat tanggap pada pengaduan masyarakat sesuai kewenangan yang ada. Kami langsung cek ke TKP,” tegas Kadis Nunung.

Diketahui, salah satu potensi yang besar di Pantai Penyu Pangumbahan adalah Potensi Kepariwisataan yang bisa dikembangkan Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi sebagai wahana meningkatkan Pendapatan Kabupaten Sukabumi dari sektor wisata.

(A Zazuli)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.