Menuju Satu Data Indonesia: Pemprov Sulbar Kembangkan 8 Aplikasi Terintegrasi

Kepala Dinas Kominfoperss Sulbar Mustari Mula.

MAMUJU, Cybernewsnasional.com – Dalam rangka menuju satu data Indonesia, Pemprov Sulbar melalui Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfopers) terus berbenah.

Kepala Dinas Kominfopers Sulbar Mustari Mula mengatakan, saat ini Pemprov Sulbar telah mengandalkan empat layanan data melalui sejumlah aplikasi terintegrasi, diantaranya, data.sulbarprov.go.id, satu.data.sulbarprov.go.id, opendata.sulbarprov.go.id, peta.data.sulbarprov.go.id, dashboard.data.sulbatprov.go.id, cms.peta.data.sulbarprov.go.id, webapi.satudata.sulbarprov.go.id, api.peta.data.sulbarprov.go.id

Delapan aplikasi tersebut terus dikembangkan dan diimplementasikan di setiap kabupaten, seperti di Kabupaten Majene yang sudah merealisasikan delapan aplikasi tersebut.

“Ini sebagai upaya mengakselerasi satu data provinsi Sulbar menuju satu data Indonesia,” kata Mustari, Rabu 1 Mei 2024.

Mustari menyebut, pada 2023 Pemprov hanya memiliki 1 data set terintegrasi satu data Indonesia. Bahkan untuk belum ada data set geospasial yang terintegrasi dengan satu peta Sulbar

Namun berkat pengaplikasian layanan data yang terintegrasi, saat ini tercatat 281 data set terstandar dan terintegrasi satu data Indonesia. Selain itu 27 data set geospasial yang tersaji dalam satu peta Sulawesi Barat.

“Untuk kabupaten, tercatat 71 data set terintegrasi dan terus tumbuh seiring replikasi aplikasi, integrasi dan penginputan,” kata Mustari.

***(Rls/Kml)***

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.