Dinkes Kota Tangerang Kick Off Pelaksanaan BIAS dengan Target Sasaran 46.824 Anak

BIAS
Sachrudin didampingi dr.Dini, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang sa'at Kick off BIAS.

KOTA TANGERANG, Cybernewsnasional.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) melaksanakan Kick Off Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), secara serentak di 39 Puskesmas di Kota Tangerang, Rabu (09/08/2023).

Kick Off BIAS berlangsung di SD Negeri Total Persada, Kecamatan Periuk, bersama Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin beserta jajaran.

Diketahui, pada BIAS bulan Agustus 2023 ini, ada 31.785 anak kelas I menjadi target imunisasi MR atau Campak Rubela, dan 15.039 anak perempuan menjadi target imunisasi Human Papilloma Virus (HPV) di 556 Sekolah Dasar di Kota Tangerang. Diantaranya, 446 SD negeri dan swasta, 107 Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan tiga Sekolah Kebutuhan Khusus (SKH).

Kepala Dinas Kesehatan, Kota Tangerang, dr Dini Anggraeni mengungkapkan BIAS akan berlangsung dua tahap, yakni Agustus untuk kelas I usia tujuh tahun yaitu imunisasi Campak Rubela atau MR dan kelas V usia 11 tahun untuk imunisasi HPV. Sedangkan tahap dua akan berlangsung pada November mendatang dengan target sasaran kelas I usia tujuh tahun untuk imunisasi Difteri Tetanus (DT), kelas II usia delapan tahun imunisasi Tetanus Diphteria (TD) dan kelas V usia 11 tahun untuk imunisasi Tetanus Diphteria (TD).

“Imunisasi dalam kegiatan BIAS sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit Tetanus, Difteri, Campak, Rubela dan khusus pada imunisasai HPV yakni mencegah Kanker leher rahim yang dapat menyebabkan disabilitas dan kematian,” ungkap dr Dini.

“Setiap anak usia sekolah harus dipastikan memiliki riwayat imunisasi rutin lengkap, tidak hanya imunisasi pada saat bayi dan dibawah usia dua tahun, tetapi juga harus dilengkapi dengan imunisasi lanjutan pada anak usia sekolah tingkat dasar,” tambahnya.

Dengan itu, kata dr Dini program imunisasi juga diupayakan untuk menjangkau anak usia sekolah yang tidak bersekolah atau putus sekolah. Bagi sasaran yang tidak bersekolah, imunisasi dapat dilaksanakan di posyandu remaja, puskesmas dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya.

Imunisasi juga dapat dilaksanakan di tempat-tempat dimana anak yang tidak bersekolah itu berkumpul seperti rumah singgah anak jalanan, panti atau lembaga kesejahteraan sosial anak, rutan anak atau lembaga pembinaan khusus anak, sekolah non formal, dan lainnya.

“Dengan ini, diimbau seluruh orangtua di Kota Tangerang untuk turut bekerjasama dengan program BIAS ini, memastikan seluruh anaknya mendapat vaksinasi lengkap, untuk tumbuh kembang generasi Kota Tangerang yang sehat dan kuat,” imbaunya.

Sementara itu, Kepala SDN Total Persada, Aam Azimah menyatakan sekolahnya menjadi sekolah dengan peserta imunisasi terbanyak. Tercatat ada 224 pelajar kelas I yang mengikuti imunisasi MR atau campak rubella, dan 125 siswa kelas V untuk imunisasi HPV.

“Ini menjadi agenda penting untuk anak-anak kita, dengan itu sebelumnya sekolah telah melakukan sosialisasi keseluruh orangtua, untuk mempersiapkan anak-anaknya mengikuti imunisasi pada hari ini. Seperti, menyiapkan anak dengan tidur yang cukup, sarapan terlebih dahulu serta mempersiapkan mental anak-anak dengan baik untuk pelaksanaannya,” katanya.

***(Hms/Red)***

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.