Capaian UHC Sampai 99,04. Persen, Program Jabat Sehat Sukses Berikan Layanan Kesehatan Gratis di Kota Tangerang

UHC
Kepala Dinkes Kota Tangerang, dr. Dini Anggraeni.

KOTA TANGERANG, Cybernewsnasional.com -Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang terus berkomitmen mewujudkan Cakupan Kesehatan Semesta atau Universal Health Coverage (UHC). Menindaklanjuti komitmen tersebut, Dinkes Kota Tangerang meluncurkan program-program layanan kesehatan yang berkualitas, salah satunya program Jabat Sehat (Jaminan Pengobatan Kesehatan Gratis) di Kota Tangerang.

Kepala Dinkes Kota Tangerang, dr. Dini Anggraeni menuturkan, program Jabat Sehat ini telah bejalan dalam kurun waktu 1 dekade terakhir. Program ini dijalankan untuk mendukung Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 tahun 2022 dalam rangka menargetkan terwujudnya 98 persen penduduk Indonesia yang terjamin kesehatannya, khususnya mengenai alokasi dan pembayarannya.

“Program ini merupakan tindak lanjut dari amanah undang-undang yang menargetkan 98 persen penduduk Indonesia terlindungi kesehatannya melalui alokasi anggaran, pembayaran iuran, serta bantuan iuran yang didaftarkan oleh Pemerintah Daerah (Pemda). Tentunya, program ini berhasil atas kerja sama lintas sektor, mulai dari Pemda, DPRD, BPJS, sampai masyarakat luas” ujar Kepala Dinkes Kota Tangerang, dr. Dini Anggraeni.

Ia melanjutkan, bentuk dari program Jabat Sehat ini berupa fasilitas pelayanan kesehatan secara gratis di 35 rumah sakit yang ada di Kota Tangerang. Selanjutnya, program Jabat Sehat ini bisa diakses oleh masyatakat Kota Tangerang secara luas, dengan catatan yang berada di kelas 3.

“Secara umum, kita semua telah menjalankan program dengan sangat baik sesuai dengan target yang diharapkan. Bahkan, capaian UHC di Kota Tangerang saat ini telah mencapai 99,04 persen atau 1.854.936 peserta dengan 375.350 peserta adalah penerima program Pembayaran Bantuan Iuran (PIB) dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kota Tangerang,” tambahnya.

Selain itu, lewat program Jabat Sehat yang dijalankan Dinkes Kota Tangerang tersebut, Pemkot Tangerang berhasil mendapatkan penghargaan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) atas pencapaiannya telah berhasil melewati target UHC nasional di bulan Maret kemarin.

***(Rls/Red)***

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.