Bupati Yaumil Resmikan Unit Siaga SAR di Kabupaten Pasangkayu

Bupati Pasangkayu, H Yaumil Ambo Djiwa, saat

PASANGKAYU, CYBERNEWSNASIONAL.COM – Bupati Pasangkayu, H Yaumil Ambo Djiwa meresmikan kantor Unit Siaga SAR, bertempat di eks Kantor Pos dan Giro Pasangkayu, Jalan Moh Yamin. Senin (04/10/2021).

Hadir dalam acara tersebut, Forkopimda Kabupaten Pasangkayu antara lain Ketua DPRD , Sekretaris Daerah (Sekda),  Wakapolres, Dandim, Kepala BPBD, Kadis Sosial, Kadis Kesehatan, Kadis Perhubungan, Senkom, Ketua PMI, Kajari, Damkar, Sekertaris Dinas DKP,  Camat Pasangkayu dan para tokoh masyarakat setempat, serta Kepala BPBD Mamuju Tengah.

Forkopimda Kabupaten Pasang Kayu berserta para pejabat setempat hadir dalam acara peresmian Kantor Unit Siaga SAR.

Dalam sambutan Bupati Pasang Kayu, beliau mengatakan bahwa Unit Siaga SAR memang dibutuhkan di Kabupaten Pasangkayu. Karena wilayah ini memiliki perairan yang cukup luas dan aktifitas masyarakat yang sebagian besar sebagai nelayan sehingga sangat rawan terhadap  terjadinya musibah dan kondisi membahayakan manusia, sehingga Unit Siaga SAR Pasangkayu membutuhkan sarana dan prasarana serta Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai.

“Kami berkomitmen untuk membantu dan mendukung yang menjadi Kebutuhan pendukung  Operasional Unit Siaga SAR Pasangkayu ke depannya,” ucap Yaumil.

Tim Unit Siaga SAR Kabupaten Pasangkayu.

“Walaupun kita tidak berharap adanya suatu kecelakaan atau musibah dan bencana alam namun untuk mempercepat proses upaya pencarian dan pertolongan serta dapat meminimalisir jumlah korban sudah selayaknya Kabupaten Pasangkayu memiliki Unit Siaga SAR  ini,” timpal Bupati.

Mantan ketua DPRD itu menambahkan, pihaknya menyambut baik dan berterimakasih karena keberadaan Unit SAR di Kabupaten Pasangkayu.

Sementara itu, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Mamuju, Saidar Rahmanjaya, SH.,M.A.P, mengatakan  bahwa pembentukan Unit Siaga SAR Pasangkayu berdasarkan Surat Keputusan (SK) Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan nomor SK. KBSN-152/OT.01.051/BSN-2021 Tanggal 14 Juni 2021 tentang Unit Siaga SAR.

“Harapkan kita semua dengan telah diresmikannya Unit Siaga SAR Pasangkayu, kegiatan Operasi SAR dapat berjalan lancar dan aman,” harap Saidar.

Setelah Bupati  menyampaikan sambutannya, acara dilanjutkan penyerahan cendramata dari Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Mamuju Saidar Rahmanjaya, SH.,M.A.P kepada Bupati Pasangkayu dan begitu pula sebaliknya Bupati Pasangkayu menyerahkan Tanda Cendramata kepada Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Mamuju.

Kemudian, dilanjutkan dengan Pemotongan Pita oleh Bupati Pasangkayu di dampingi oleh Kepala Kantor Pencarian Mamuju beserta Forkopimda yang hadir dilanjutkan dengan acara  Ramah tamah di ruangan Unit Siaga SAR Pasangkayu.

Setelah ramah tamah, Bupati Pasangkayu beserta seluruh Forkopimda langsung  menyaksikan kegiatan simulasi operasi SAR Penyelamatan sebuah kapal nelayan yang mengalami kebakaran di perairan pasangkayu dengan jarak 3 NM dari Kantor Camat Pasangkayu dan memiliki POB 6 (enam) orang.

Adapun Organisasi / Instansi yang terlibat dalam kegiatan simulasi tersebut adalah antara lain : DAMKAR, BPBD (TRC), Dinas Sosial (Tagana), PMI, BAZNAS, Dinas Kesehatan, DKP, Wahdah Islamiyah dan SMK Negeri 2 Pasangkayu.

Diakhir acara kembali Bupati Pasangkayu dan seluruh Forkopimda yang hadir dalam menyaksikan simulasi tersebut memberikan apresiasi kepada seluruh peserta simulasi. (Hms/Kml).

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.