TIM Verifikasi Tingkat Nasional Tinjau Kampung Mangga Bina Mandiri RW 10 Kelurahan Gebang Raya

Kampung Mangga
H.Yadi Wijaya Ketua RW 10 Kel. Gebang Raya saat mendampingi Tim verifikasi lapangan Proklim tingkat nasional.

TANGERANG, Cybernewsnasional.com – Tim verifikasi lapangan Program Kampung Iklim (Proklim) Tingkat Nasional mengunjungi Kampung Mangga Bina Mandiri jalan Villa Tangerang Indah RW 10 Kelurahan Gebang Raya, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang.

Tim verifikasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ( KLHK ) Direktorat Jendral Adaptasi Perubahan Iklim , Nanda Aditya menjelaskan, Kedatanganya ke Kampung mangga Bina Mandiri untuk mengetahui mengetahui secara langsung program yang dijalankan dalam kepedulian terhadap iklim dan ketahanan pangan.

H. Nanang Kosim Camat Periuk bersama Lurah Gebang Raya saat berada di kampung Mangga, didampingi Ketua RW H. Yadi Wijaya.

Untuk di kampung Mangga Bina Mandiri sangat luar biasa sekali karena, tidak banyak warga yang melakukan kegiatan-kegiatan seperti di lingkungan RW 10 Kelurahan Gabang Raya, jelasnya.

Nanda mengatakan, sangat mengapresiasi kepada warga RW 10 khusunya kepada pengurus karena menurutnya berbagai kegiatan yang ada di kampung Mangga Bina Mandiri tidak umum di masyarakat urban.

” Di sini pengurusnya bisa menginisiasi kegiatan menurut kami tidak umum di masyarakat urban karena, sekarang ini yang jadi masalah utaman adalah bagaimana kita itu pengen masyarakat urban sadar juga tentang pengelolaan sampah dengan perubahan iklim di sekitarnya jadi di RW 10 ini sangat kami apresiasi sekali,” Kata Nanda saat ditemui seusai kegiatan, Senin(24/07/2023).

Nanda juga mengatakan, Sebelumnya tahap demi tahap sudah di lakukan dan di input oleh dinas, kelurahan maupun RW dan hari ini KLHK memastikan ada atau tidaknya hasil dari verifikasi tahap pertama.

” Setelah tadi monitoring ke lingkungan semua yang di catat tahap pertama bener adanya bahkan masih ada kegiatan yang belum tercatat, Jadi validasi ini lebih ke kroscek apakah betul kegiatan itu ada di lapangan,” terangnya.

Untuk itu pemerintah pusat berharap kegiatan yang sudah ada dan berjalan di kampung Mangga Bina Mandiri RW 10 berjalan dan jangan hanya setiap ada momentum tertentu, Selain itu juga berharap bisa berkesinambungan dengan program lainnya, Harapnya.

Sementara Camat Periuk Nanang Kosim mengatakan, Kampung mangga Bina mandiri RW 10 ini menjadi salah satu tempat verifikasi kampung proklim tingkat nasional dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Kampung mangga Bina mandiri RW 10 sangat luar biasa, dengan berbagai kegiatannya tentu sudah memberikan semangat warganya dalam menata lingkungan dengan baik, ujarnya.

Menurutnya, di Kampung mangga Bina Mandiri RW 10 ini tentu banyak sekali kerjasama dengan berbagai pihak mulai dari RT, RW, Dinas LH dan juga tentunya 3 pilar yang, jadi bukan hanya kegiatan kampung proklim saja yang ada tetapi kegiatan yang lainnya seperti Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kegiatan KWT, pengelolaan Bang Sampah, TPS3R, Magot, Budidaya ikan lele dan yang lainnya ada di RW 10 sehingga di harapnya kampung mangga Bina mandiri ini bisa menjadi percontohan di wilayah Kecamatan Periuk.

Ia berharap, setelah di lakukan verifikasi Kampung Mangga Bina Mandiri yang sudah maju bis lebih maju lagi dan banyak terus manfaatnya untuk warga sehingga ke depan kampung mangga Bina mandiri selain di akui di tingkat kota tangerang juga di akui di tingkat nasional, ucapnya.

Disisi lain, Ketua Kampung Mangga Bina Mandiri yang juga ketua RW 10 Kelurahan Gebang Raya H.Yadi Wijaya mengatakan, Kampung Mangga Bina Mandiri yang sudah berjalan sejak tahun 2017, berbagai kegiatan yang berjalan mulai dari pengelolaan sampah TPS3R, KWT, Budidaya Lele, Pengelolaan Magot, Kampung Proklim, Kopdarwis dan yang lainnya masih terus berjalan.

Seperti dalam menata lingkungan menjadi kampung proklim yang baik salah satunya dalam pengelolaan sampah TPS3R, ia mengaku tidak bosan-bosan di berbagai momentum terus mensosialisasikan dan mengajak warganya untuk memilah sampah dengan baik.

” Dan Alhamdulillah hari ini kedatangan tim Veripikasi tingkat nasional dari KLHK, Ini menjadi kebanggan untuk kami sebagai pengurus,” Katanya.

Ia juga mengatakan, setelah tim veripikasi meninjau semua lingkungan RW 10 Alhamdulillah mendapat apresiasi yang baik dari tim verivikasi.

berharap, setelah di akui oleh pemerintah Kota Tangerang, Provinsi selanjut setelah di validasi oleh pemerintah pusat kampung mangga Bina Mandiri RW 10 ini bisa membawa nama baik pemerintah khusunya kota Tangerang melalui Kampung Proklim. Tutupnya.

***(MS/Angga)***

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.