Sempat Ricuh , Kedubes Amerika Di kepung Demonstran Bela Palestina

JAKARTA, Cybernewsnasional.Com – Aksi demonstrasi mengecam okupansi yang di lakukan Israel terhadap bangsa Palestina kembali terjadi di Jakarta tepatnya didepan Kedubes Amerika jalan Medan Merdeka Selatan Jum’at (21/05/2021.

Ribuan massa dari berbagai element, seperti Organisasi Masyarakat ( Ormas ), buruh dan mahasiswa bersatu mengecam aksi kebrutalan Israel terhadap bangsa Palestina.

Masa mulai berkumpul pada pukul 13.00 WIB di depan kedubes Amerika di jalan Medan Merdeka Selatan. Mereka membawa berbagai spanduk berukuran besar berisi kecaman terhadap okupansi Israel terhadap bangsa Palestina.

Sementara itu, jalan menuju Gambir dan Patung ditutup begitu begitu juga arah dari Patung Kuda menuju Balai kota. Orataor dari masing – masing element mahasiswa dan Ormas secara bergantian mengisi orasi menentang keras okupansi Israel.

Dalam orasinya para demonstran meminta pemerintah Indonesia untuk membantu bangsa Palestina terhadap penjajahan yang telah dilakukan oleh bangsa Isreal selama bertahun – tahun.

Mereka mengatakan konflik Palestina Isreal telah banyak menelan banyak korban rakyat sipil termasuk anak anak dan perempuan. Mereka pun meminta Rakyat Indonesia untuk memboikot produk Israel yang beredar di Indonesia.

Aksi yang sempat ricuh dimulai setelah ratusan mahasiswa dari Himpuanan Mahasiswa Indonesia ( HMI) berusaha merangsek masuk ke dalam Kedutaan Besar Amerika.

Kapolres Jakarata Pusat Kombes Pol Hengki Haryadi melalui pengeras suara berusaha melakukan pendekatan persuasif namun masa HMI tidak mingindahkanya.

Dalam hitungan menit satuan Brimob berhasil membubarkan masa HMI dan menangkap beberapa mahasiswa yang dianggap propokator.

Bukan itu saja Polisi pun membawa satu unit mobil sound  yang digunakan berorasi oleh massa aksi, untuk kemudian di amankan ke Polres Jakarta Pusat.

Tak lama kemudian kericuhan kedua terjadi ketika seorang pendemo berusaha membakar replika bendera Israel dan menyalakan flare atau asap berwarna,.

Aksi itu dapat di gagalkan pihak kepolisian dan mengamankan salah seorang demonstaran ke mobil tahanan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Yusri Yunus mengatakan pihaknya menerjunkan ribuan personel untuk menjaga jalannya aksi bela Palestina hari ini.

“Totalnya ada 3.162 personel kami siapkan terkait pengamanan demo hari ini yang menyangkut masalah Palestina,” ujar Yusri saat dihubungi, Jumat, (21/05/2021).

Aksi demontrasi bukan hanya terjadi di Jakarta saja, aksi solidaritas menentang okupansi Israel juga terjadi di beberapa kota besar di Indonesia, Seperti Bandung, Makasar , Padang dan Aceh. ( Apen).

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.