Hari Nelayan Ujunggenteng ke 57, Bupati Sukabumi : Promosikan Daerah di Sektor Pariwisata dan Tingkatkan Nilai Tambah Ekonomi

Bupati Sukabumi saat Hadir dalam Peringatan Hari Helayan Ujunggenteng
Bupati Sukabumi saat Hadir dalam Peringatan Hari Helayan Ujunggenteng

SUKABUMI, CYBERNEWSNASIONAL.COM – Hadir dalam peringatan Hari Nelayan Ujunggenteng, Bupati Sukabumi H.Marwan Hamami beserta Kepala Dinas Pariwisata yang mengungkapkan harapan dan dukungannya, Rabu (05/07/2023).

Selain Acara larung saji dihadiri oleh Bupati Sukabumi Marwan Hamami yang didamping Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi serta dinas terkait, juga hadir anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Anwar Sadad, unsur TNI AL, TNI AU Cibalimbing, TNI AU Atang Sendjaja, Polsek Ciracap, Koramil Surade, Camat Ciracap serta Kepala Desa Ujunggenteng.

Bupati Marwan berharap bahwa peringatan Hari Nelayan Ujung Genteng ke-57 mampu mempromosikan daerah secara produktif dalam peningkatan nilai tambah ekonomi masyarakat serta mendorong pertumbuhan sektor pariwisata.

“Semua rangkaian kegiatan ini harus tetap lestari sebagai tradisi yang telah menyatu dengan warga nelayan Ujunggenteng,” terang Bupati Sukabumi saat menghadiri puncak acara Hari Nelayan Ujung Genteng ke-57 di panggung utama Pantai Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Kab. Sukabumi, pada Rabu, (05/07/2023).

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi Sigit Widarmadi saat menghadiri Peringatan Hari Nelayan Ujunggenteng
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi Sigit Widarmadi saat menghadiri Peringatan Hari Nelayan Ujunggenteng

Bupati menjelaskan bahwa terdapat sepuluh lokasi pantai yang instagramable di kawasan Ujunggenteng, antara lain Pantai Pangumbahan, Pantai Cibuaya, Pantai Minajaya, Pantai Ombak 7, Pantai Cipanarikan, Pantai Tenda Biru, Pantai Amanda Ratu, Pantai Cigebang, Pantai Pasir Hitam, dan Pantai Ujunggenteng.

“Pantai di kawasan Ujunggenteng ini tidak kalah keren dengan pantai-pantai lainnya, karena banyak didominasi dengan batu karang dan pasir putih hingga penangkaran penyu,” ungkapnya.

Bupati menjelaskan bahwa Ujunggenteng merupakan bagian dari Geopark Ciletuh yang sudah dinobatkan sebagai CPUGGp. Oleh karena itu, dirinya berpesan agar para nelayan terus menjaga ekosistem laut terutama dalam melindungi penyu.

“Kelestarian penyu harus terus dijaga agar simbiosis mutualisme bisa tercapai dari satu titik, yakni di Ujunggenteng ini,” pintanya.

Bupati berharap dari berbagai potensi yang dimiliki tersebut bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat di Kab. Sukabumi, khususnya di kawasan Ujunggenteng.

Bupati Sukabumi (Kiri) bersama Ketua Panitia Pelaksana Asep Jeka (Kanan)
Bupati Sukabumi (Kiri) bersama Ketua Panitia Pelaksana Asep Jeka (Kanan)

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sukabumi Sigit Widarmadi yang hadir dalam acara juga mengapresiasi atas terselenggaranya syukuran hari nelayan Ujunggenteng ke-57 yang dilaksanakan.

“kami sangat mendukung dengan adanya kegiatan syukuran hari nelayan Ujunggenteng, sukses, berjalan lancar dan baik, terimakasih kepada panitia dan semua yang terlibat,” kata Sigit antusias.

Lebih lanjut Sigit menyatakan kegiatan tersebut mampu membangkitkan ekonomi kreatif di kawasan Ujunggenteng Kecamatan Ciracap.

“Ucapan terimakasih kepada panitia, nelayan dan warga, ini juga sebagai promosi wisata Geopark Ciletuh Palabuhanratu,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Nelayan, Asep Jeka, menambahkan bahwa syukuran Hari Nelayan tersebut merupakan warisan dari para leluhur. Maka dari itu, melalui ungkapan rasa syukur terhadap Sang Pencipta, tradisi ini bisa dipertahankan sampai dengan anak cucu di masa depan.

Sambung Asep, acara Hari Nelayan dilaksanakan selama sepuluh hari dan dirangkaikan dengan berbagai kegiatan, di antaranya, bersih-bersih pantai, bakti sosial, santunan jompo dan anak yatim, sunatan massal, tabligh akbar, turnamen olahraga, dan karnaval.

“Semoga dengan ungkapan syukur kita ini, para nelayan diberikan kesehatan dan keberkahan dalam mencari rezeki,” pungkasnya.

Terpantau, syukuran hari nelayan ini diisi beragam kegiatan mulai dari sosial hingga kesenian. Puncak kegiatan dilaksanakan di Pantai Ujunggenteng, Desa Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap.

Acara puncak Syukuran hari nelayan ini diisi Penampilan berbagai kesenian seperti kuda lumping, pencak silat, debus dan wayang golek diakhiri upacara larung saji.

(A Zazuli)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.