Ditreskrimum Polda Jabar Kembali Ungkap Kasus TPPO, Ratusan Tersangka Dibekuk

BANDUNG, CYBERNEWSNASIONAL.COM – Wakapolda Jabar Brigjen Pol. Bariza Sulfi membuka kegiatan Konferensi Pers tentang Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) didampingi oleh Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Ibrahim Tompo S.I.K., M.Si , Dir Binmas Polda Jabar Kombes Pol. Gunarso S.I.K., Kasubdit 4 Dit Reskrimum Polda Jabar AKBP Adanan serta Kasubbid Penmas Bid Humas Polda Jabar AKBP Luki Mega, bertempat di Riung Mungpulung Mapolda Jabar, Selasa (01/08/2023).

Wakapolda Jabar menyampaikan bahwa perlu diketahui bahwa Satgas TPPO dilaksanakan mulai tanggal 5 Juni sampai tanggal 1 Agustus 2023 yang diperbuat oleh 2 satgas yaitu satgas pencegahan dan penindakan.

Bertindak selaku ketua Tim Satgas TPPO adalah Wakapolda Jabar dibantu oleh Kapolsek, Bhabinkamtibmas dan polisi RW dengan melaksanakan kegiatan sebanyak 33.794 kegiatan.

“Tim Satgas tindak telah berhasil melakukan penindakan sebanyak 72 LP dan berhasil mengamankan sebanyak 110 tersangka dan berhasil menyelamatkan 117 korban dengan rincian laki.- laki 21 orang sedangkan perempuan 96 orang,” ungkapnya.

Sementara dalam kegiatan tersebut, Kabid Humas Polda Jabar menjelaskan kronologi kejadian yang diketahui pada hari selasa tanggal 06 juni 2023 yang dilakukan oleh tersangka sdr. AR beralamat di Kec. Cilaku, Kab.Cianjur, yang telah merekrut calon PMI atas nama sdri. karyati, sdri. Yati, sdri. Nuraini dan sdri. Siti Nuraisyah melalui sponsor sdr. NS alias W dan sdri. O alias UO, serta telah dilakukan penampungan sekitar 1 hari sampai dengan 3 hari tanpa pelatihan.

Tempat penampungan tersebut merupakan rumah kontrakan yang beralamat di Kec. Cianjur Kab. Cianjur dan akan memberangkatkan Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke Negara Timur Tengah yaitu negara tujuan Arab Saudi dan Abu Dhabi yang merupakan negara moratorium melalui agen sdr. H. dedi pemilik PT. Anugerah yang beralamat di Kec. Gunung Putri Kab Bogor.

”Kebanyakan setelah dikirim ke negara tujuan banyak korban yang terlantar di tujuannya tersebut, namun untuk Polda Jabar sendiri ada beberapa yang sudah kita bantu dan selamatkan yang pada akhirnya dapat kita selamatkan dan dapat dipulangkan ke Indonesia,” pungkasnya.

(A Zazuli)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.