Dinkes Sulbar Gelar Rakortek Perencanaan 2024 Perkuat Sinergitas dengan Kabupaten

Dinkes
Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Kesehatan 2024.

MAMUJU, Cybernewsnasional.com – Dinas Kesehatan Sulawesi Barat (Sulbar) melaksanakan Rapat Koordinasi Teknis (Rakortek) Perencanaan Kesehatan Tahun 2024 di Hotel Marannu Mamuju, Kamis 20 Juli 2023. Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait dengan sektor kesehatan dari seluruh kabupaten di Sulbar.

Adapun peserta Rakortek terdiri dari para Kepala Dinas Kesehatan kabupaten se-Sulbar, para Direktur Rumah Sakit se-Sulbar, serta para Kepala Bidang dan Pengelola Program Lingkup Dinas Kesehatan Sulbar.

Sulbar

Tujuan utama pelaksanaan Rakontek adalah membahas dan merumuskan usulan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik tahun 2024, yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di daerah.

Berbagai narasumber dari instansi terkait memberikan paparan mengenai topik-topik penting yang berkaitan dengan perencanaan kesehatan dan pengelolaan DAK. Materi yang disampaikan antara lain adalah:

Akselerasi masalah pembangunan manusia Sulbar oleh Bappeda Sulbar. Materi ini menyoroti upaya-upaya percepatan pembangunan di bidang kesehatan dan manusia di provinsi tersebut.

Kebijakan DAK Fisik dan Non Fisik dalam mendukung pembangunan kesehatan di daerah oleh Biro Perencanaan dan Anggaran Kementerian Kesehatan RI. Materi ini membahas tentang berbagai kebijakan terkini terkait DAK, baik yang bersifat fisik maupun non fisik, yang dapat mendukung pembangunan kesehatan di daerah.

Pengendalian dan pengawasan pengelolaan DAK oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sulbar. Materi ini mengulas strategi pengendalian dan pengawasan dalam pengelolaan dana yang dialokasikan untuk kesehatan di provinsi.

Monitoring dan evaluasi kinerja keuangan DAK Tahun 2023 oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Mamuju. Materi ini memberikan informasi mengenai evaluasi pelaksanaan DAK tahun sebelumnya dan pembelajaran untuk peningkatan kinerja keuangan pada tahun berikutnya.

Plh. Kepala Dinas Kesehatan Sulbar dr. Darmawiyah berharap melalui Rakontek Perencanaan Kesehatan tersebut, sinergi antarstakeholder dapat terjalin dengan baik, sehingga implementasi program kesehatan di daerah dapat berjalan efektif dan berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat Sulbar pada tahun mendatang.

Kegiatan dilanjutkan dengan desk dan pembahasan usulan DAK Fisik tahun 2024, yang mana para peserta aktif berpartisipasi dalam merumuskan rencana kesehatan yang lebih baik untuk masyarakat Sulbar. Rakortek akan berlangsung hingga 22 Juli 2023.

***(Hms/Kml)***

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.