4 Kapal Penumpang Dishub Rusak, Warga Kepulauan Seribu dan Wisatawan Rebutan Tiket

Kapal Penumpang Dishub DKI Jakarta bersandar di Pelabuhan Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara.

Jakarta, Cybernewsnasional.com | Pada saat liburan Lebaran Idul Adha 2023, Pelabuhan Muara Angke Penjaringan Jakarta Utara, menjadi salah satu tempat favorit bagi masyarakat Ibukota dan sekitarnya yang berlibur menuju Kepulauan Seribu.

Kapal speed boat milik Dinas Perhubungan (Dishub) Pelabuhan Muara Angke menjadi opsi salah satu moda transportasi andalan masyarakat, selain karena nyaman dan cepat, harga tiketnya pun terhitung lebih murah jika dibanding kapal tradisional, Jumat (30/06/2023).

Berdasarkan pantauan awak media di Pelabuhan Muara Angke, animo wisatawan dan warga yang mudik ke Kepulauan Seribu terlihat meningkat. Tetapi sayangnya, 4 kapal penumpang jenis sonar ini saat liburan Idul Adha malah mengalami kerusakan.

Petugas Pelayanan UPAP (Unit Pengelola Angkutan Perairan) Pelabuhan Muara Angke Suparto Napitu saat dikonfirmasi awak media mengungkapkan, bahwa saat ini 4 Kapal Sonar yang merupakan pengadaan baru Dishub Kepulauan Seribu mengalami kerusakan dan tidak beroperasi.

“Ya pak terkait 4 Kapal Sonar mengalami kerusakan dan tidak beroperasi. Saya juga lupa kapan mengalami kerusakannya,” tutur Suparto Napitu.

Suparto Napitu pun enggan menjelaskan secara rinci mengenai detail kerusakan itu.

“Maaf pak nanti dulu saya ada kerjaan,” tutup Suparto Napitu memutuskan komunikasi handphone yang dihubungi awak media.

Seperti diketahui, tahun 2022 lalu Pemprov DKI Jakarta menambah empat unit kapal cepat dishub (Kapal Sonar) di Pelabuhan Muara Angke Penjaringan Jakarta Utara, sehingga Pelabuhan Muara Angke memiliki 10 unit kapal cepat untuk memenuhi kebutuhan transportasi warga pulau dan wisatawan.

Dede, salah satu petugas Dishub DKI Jakarta menerangkan, Sebanyak dua kapal pasti beroperasi setiap harinya.

“Minimal 2 dan maksimal 5 kapal yang beroperasi, tergantung dari kuota penumpang,” kata Dede saat ditemui awak media di Pelabuhan Muara Angke.

“Hari ini berangkat dua kapal, karena ini menyesuaikan kuota penumpang yang ada,” lanjut Dede.

Meski tidak dijelaskan mengenai kuota penumpang sehingga kapal-kapal Dishub itu tidak beroperasi secara maksimal, namun hal ini mengakibatkan masyarakat kesulitan mendapat tiket kapal Dishub di Pelabuhan Muara Angke.

Nabilah, warga Pulau Pari yang bekerja di Bekasi, mengeluhkan jumlah armada kapal Dishub yang biasa beroperasi. Menurutnya warga pulau yang biasa mendapat tiket prioritas kini harus berebut kuota dengan wisatawan pulau seribu.

“Biasanya dulu banyak (kapal Dishub) yang beroperasi, sekarang sedikit. Kan harusnya kapal Dishub diprioritaskan buat warga pulau, sekarang harus pesan lewat aplikasi terus suka gak kebagian, apalagi sekarang musim liburan, jadi makin sulit naik kapal Dishub,” terang Nabilah.

Begitupun dengan Thorik, wisatawan asal Jakarta Selatan ini mengeluhkan jumlah kapal Dishub yang beroperasi.

“Menurut saya kurang mas kalo hanya dua, apalagi musim liburan kan. Banyak peminatnya tapi dapet tiketnya susah banget,” sambungnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, setiap hari Kapal Dishub Pelabuhan Muara Angke melayani tiga jalur, namun kapal yang beroperasi hanya dua armada saja.

Petugas Lapangan Dishub Muara Angke tidak memberikan penjelasan mengenai jumlah armada yang beroperasi, mengingat mereka memiliki 10 kapal speadboat yang standbay di dermaga. Padahal sebelumnya Pelabuhan Muara Angke sempat mengoperasikan enam unit kapal speed boat perhari.

Wisatawan dan warga pulau sangat membutuhkan transportasi yang cepat, murah dan memiliki mobilitas tinggi sehingga bisa menghemat biaya dan waktu.

Calon penumpang dapat membeli tiket secara online melalui aplikasi Jaket Boat. Namun banyak calon penumpang yang tidak mendapatkan kuota dan beralih ke kapal tradisional yang harganya lebih mahal.

“Sudah daftar aplikasi (Jaket Boat) tapi susah buat dapat tiket, mau gak mau harus pake yang tradisional.” tutur salah satu penumpang yang tidak mau disebutkan namanya. (KN)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.