Sekdis Pertanian Kabupaten Sukabumi : Pentingnya Sinergi dan Kolaborasi dalam Transformasi Agrikultur ke Agribisnis.

SUKABUMI, CYBERNEWSNASIONAL.COM – Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Iman Surahman, SP, M.Si mengungkapkan kesimpulan yang didapatkannya usai mengikuti Workshop National Multi Stakeholder Forum Yess Program yang dilaksanakan di Hotel Royal Tulip Darmo Surabaya pada Rabu-Sabtu (9 – 12 Agustus 2023) yang lalu.

“Tujuan Workshop tersebut untuk membangun ekosistem kewirausahaan pertanian pasca berakhirnya Yess Program yang diproyeksikan pada tahun 2025,” ucap Iman.

Hal itu diungkapkannya melalui laman Instagram Official Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi yang diunggah pada 16 Agustus 2023.

Iman menyampaikan, Ekosistem Pertanian ini akan mentransformasikan Agrikultur yang ada menjadi Agrobisnis yang dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani.

Diketahui, Workshop dilaksanakan selama 4 hari di Surabaya dengan rangkaian acara yang mengarahkan pada upaya pembentukan ekosistem kewirausahaan berbasis cluster komoditi unggulan.

“Selain Kementan, dalam workshop tersebut turut mengikuti dan terlibat yakni Bappenas, KemenkopUKM, Kemenko PMK, Kemendagri dan seluruh stakeholder Yess Program termasuk perwakilan Youth Ambassador Yess dan Pemda juga terlibat,” tutu Sekdistan.

Lebih lanjut disampaikannya, Selain FGD yang intensif dan classical method, dalam workshop tersebut diperkaya juga dengan pembelajaran dari best practice di cluster Kentang, Cluster Paprika dan Cluster Cabe di Kabupaten Pasuruan.

“Pelajaran penting dari Workshop ini adalah pentingnya sinergi dan kolaborasi dalam mentransformasikan agrikultur ke agribisnis melalui ekosistem kewirausahaan berbasis kluster komoditi unggulan,” pungkasnya.

(A Zazuli)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.