Persatuan Padalangan Indonesia (PEPADI) Kabupaten Sukabumi Sukses Menggelar Rapat Kerja

SUKABUMI, CYBERNEWSNASIONAL.COM – Persatuan Padalangan Indonesia (PEPADI) Kabupaten Sukabumi sukses menggelar rapat kerja (Raker). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Jalan Kapling Bukit Permai Kadudampit dengan membahas program kerja dan ide yang ditampung hasil rapat Komisi tiap dapil, Sabtu (30/07/2022).

Raker Ini dilaksanakan dengan mendatangkan setiap korwil agar mempunyai pemahaman dan persepsi yang sama atas visi misi PEPADI di setiap bidang masing-masing sebagai upaya menggenjot kegiatan Padalangan menjadi sentra perhatian masyarakat disetiap Kecamatan, Sabtu (30/07/22).

Ketua PEPADI Kabupaten Sukabumi Iman Rusmandar mengatakan usai kegiatan, Raker ini dilakukan sebagai ajang silaturahim dan mempererat kekeluargaan serta kebersamaan antara pengurus tingkat kabupaten dan korwil.

“Selain penyampaian program kerja saya selaku Ketua PEPADI, dalam kesempatan ini para korwil diwajibkan mengajukan pengajuan program kerja hasil rapat perkomisi ini untuk dijadikan agenda rutinan,” kata Iman.

 

Atas nama pengurus PEPADI, Iman mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Daerah dan Yayasan Citra Padalangan (YCP) Kabupaten Sukabumi yang telah medukung terlaksananya acara Raker.

“Perhatian dan dukungan tersebut berdampak besar secara positif dan menjadi spirit untuk kemajuan PEPADI Kabupaten Sukabumi yang notabene-nya mempunyai SDM Padalangan yang cukup banyak jika dibandingkan daerah lain di Jawa Barat,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala bidang (Kabid) Kebudayaan Kabupaten Sukabumi, Yanti Irianti, yang turut hadir dalam kegiatan tersebut sangat mengapresiasi terlaksananya Rakerja PEPADI tahun ini. Ia menilai, dari enam korwil di Kabupaten Sukabumi yang hadir menunjukan kekompakakan yang luar biasa.

“Mudah-mudahan di tahun yang akan datang, kami bisa memfasilitasi kegiatan-kegiatan dari PEPADI demi pelestarian dan pengembangan seni budaya daerah. Salah satu diantaranya adalah pelatihan peningkatan sdm pelaku seni khususnya di bidang pedalangan dan festival atau event-event budaya sebagai upaya memajukan kebudayaan daerah Kabupaten Sukabumi menuju ketahanan budaya di masyarakat,” tandasnya.

Koordinator Bidang Pendidikan dan Pelatihan PEPADI Kabupaten Sukabumi, Yoga Awaludin yang karib disapa Agoy juga turut mengapresiasi peran pemerintah yang turut membantu terlaksananya kegiatan ini.

“Wayang Golek itu bukan hanya bentuk kesenian budaya murni, melainkan wahana semacam media sosial Adiluhung yang bisa menjadi perantara informasi mendidik dan sarana menyampaikan visi misi sosial. Semoga pemerintah dalam hal ini lebih memberikan perhatian dan fasilitas pengembangan demi peningkatan mutu dan kualitas serta terjaganya seni budaya ini. Bangsa yang hebat adalah bangsa yang berbudaya,” pungkas Agoy.

(A Zazuli)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.