Pemdes Sukadamai Laksanakan Giat Bimtek Kapasitas RT dan RW

SUKABUMI, CYBERNEWSNASIONAL.COM – Pemerintahan Desa Sukadamai laksanakan kegiatan bimbingan teknis kapasitas RT / RW di aula kantor Desa Sukadamai Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi Jawa barat, Senin (30/05/2022)

Kegiatan dihadiri langsung oleh Camat Cicantayaan, Forkompimcam, para kadus, prangkat Desa, Narasumber dari Kabid Dinas Pemberdayaan masyarakat dan Desa serta Stakeholder lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Camat Cicantayaan Anwari mengatakan ini merupakan bimtek peningkatan kualitas RT / RW yang bertujuan meningkatkan kembali tugas dan peran fungsi RT / RW khususnya di masyarakat desa sukadamai.

“Sehingga diharapkan peran dan fungsi RT / RW itu bisa membantu tugas-tugas pemerintahan desa, karena mereka itu bagian dari lembaga masyarakat Desa yang menjadi mitra pemerintah Desa,” ujarnya.

Lebih lanjut Anwari mengungkapkan, dalam giat tersebut kita ingatkan kembali tugas-tugas RT / RW membantu pelayanan ditingkatkan RT / RW di masyarakat kemudian untuk menjaga kondusifitas lingkungan RT / RW dan ikut membantu program pembangunan.

“Selain membantu program pembangunan juga perencanaan dan pelaksanaan sampai pada pengawasan kegiatan pembangunan serta meningkatkan partisipasi gotong royong masyarakat supaya tugas-tugas Kades menjadi ringan,” ungkap Anwari.

Camat Cicantayan tersebut berharap, para RT / RW mempunyai kreativitas inovasi dan bersihergi dengan Pemdes, misalnya bisa memberikan fasilitas dalam bentuk lomba antar RT / RW dalam bidang pengelolaan lingkungan hidup. .

“Contohnya seperti kebersihan, partisipasi gotong royong atau bidang-bidang lainnya agar termotivasi untuk bagaimana kreatif dan inovatif,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sukadamai Rudi Hartono menyampaikan, hari ini pihak Pemdes melaksanakan kegiatan kapasitas RT / RW tahun anggaran 2022.

“Tujuannya untuk lebih memberikan pemahaman atas tupoksi dari RT / RW guna meningkatkan semua kapasitas kerja dan menggali potensi-potensi yang ada di wilayah, terkait hal itu untuk mensukseskan visi misi Desa Sukadamai,” ucap Rudi.

Rudi menambahkan, mengenai program disesuaikan dengan visi misi kita salah satunya akuntabilitas, minimal hari ini mereka secara administrasi bisa tertib baik tentang data-data kependudukan juga hal-hal yang ada kaitannya dengan pengadministrasian di wilayahnya

“Kemudian seberapa jauh dan seberapa banyak potensi-potensi yang harus digali bisa dikomunikasikan baik
Nanti pola keswadayaan atau pun kalau nanti ada anggaran nanti yang diintervensi dari kegiatan-kegiatan tersebut,” kata Rudi

Rudi juga turut berharap kedepan bahwa dengan adanya bimtek kapasitas RT / RW tersebut akan membuahkan realisasi dari hasil pengetahuan.

” Mudah-mudahan kita saja lihat di tahun 2023 beberapa trobosan inovasi khusus cara intruksi atau langsung secara gagasan-gagasan keswadayaan,” harapnya penuh antusiasme.

(Azhari M)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.