Olahan Hasil Pertanian jadi Unggulan Pelaku UKM di Kecamatan Ciemas, Potensi Komoditas Dagang Masyarakat

SUKABUMI, CYBERNEWSNASIONAL.COM – Berbagai hasil pertanian menjadi unggulan pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) di Kecamatan Ciemas. Warga setempat khususya pelaku UKM berharap mendapat dukungan penuh dari Dinas Pertanian, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Koperasi dan UKM serta Dinas Pariwisata.

Hal itu diungkapkan Camat Ciemas, Iwan Muhdiawan kepada awak media di kantornya sambil memberikan paparan potensi wilayahnya.

Iwan mengatakan, Pemerintah Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi terus berupaya menembangkan berbagai usaha pengolahan hasil pertanian.

“Beberapa waktu lalu diberitakan terkait keripik dari olahan batang pisang. Tapi yang perlu diketahui oleh masyarakat umum adalah disini sangat banyak potensi yang bisa dikembangkan, bukan hanya itu saja,” ungkap Camat.

Menurutnya, masyarakat dua desa di kecamatan Ciemas meliputi Mekarsakti dan Desa Ciwaru berhasil kreasikan komoditas buah Mangga menjadi berbagai produk lanjutan.

Produk berbahan dasar olahan buah Mangga yang dihasilkan antara lain, Selai, Manisan, Dodol, Sirup, Mangga yang dilembutkan atau Puree hingga Permen.

Camat Ciemas juga menyampaikan, pada tahun 2019 masyarakat dari dua desa di wilayahnya ikuti pelatihan dari Dinas Perindustrian dan Energi Sumber Daya Mineral (DP – ESDM) Kabupaten Sukabumi.

“Pelatihan tersebut diikuti 20 warga Desa Mekarsakti dan 10 warga Desa Ciwaru. Alhamdulilah dari hasil pelatihan yang diberikan kepada masyarakat dua desa, olahan mangga menjadi semakin baik,” Kata Iwan Muhdiawan, Jumat (20/02).

Sambung Iwan, keberadaan Geopark Ciletuh menjadikan Ciemas menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Sukabumi, kreasi produk olahan Mangga ini diharapkan mampu menjadi icon sebagai buah tangan bagi wisatawan yang berkunjung ke wilayah ini.

“Ini merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan perekonomian warga, sekaligus penunjang sektor pariwisata di Kabupaten Sukabumi dimata dunia.

“Semoga stakeholder terkait seperti Dinas Pertanian dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian serta DKUKM Kabupaten Sukabumi untuk dapat mendukung dan menopang produk ini agar lebih berkembang. Bahkan terkait juga dengan Dinas Pariwisata sebagai salah satu produk pengisi di berbagai event kegiatan pariwisata Kabupaten Sukabumi,” pungkasnya.

(A Zazuli)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.