LSM Dampal Jurig Jabar Kutuk Keras Penebangan Liar Pohon di Kaki Gunung Gede

SUKABUMI, CYBERNEWSNASIONAL.COM – LSM Dampal Jurig Jabar mengutuk keras penebangan liar pohon di kaki Gunung Gede. Terkait hal itu, Ketua Umum Dampal Jurig Jabar, Irvan Azis mendatangi Kantor Tngp Resort Situ Gunung untuk menghimbau “Stop Penebangan Pohon di kaki gunung gede pangrango”, Senin (27/03/2023).

Kedatangannya Irvan juga menyikapi berbagai masukan dan informasi dari berbagai pihak di masyarakat yang ada di wilayah kecamatan Kadudampit Tentang masih berlangsungnya penebangan pohon disekitar kawasan kaki gunung Gede-Pangrango resort Situ Gunung.

Irvan mengungkap, Lembaga swadaya masyarakat Dampit Peduli Lingkungan Jurang Rimba Gunung (Lsm Dampal Jurig) secara langsung melakukan investigasi.

“Salah satunya kami mendatangi pihak kantor taman nasional gunung gede pangrango resort situ gunung untuk meminta keterangan dan klasifikasi yang pada kesempatan itu mewakili bapak karest yang sedang tugas di balai besar tngp Cibodas dan diwakili oleh Bapak Dadang S. Pak Dadang adalah polhut yang berkenan menerima untuk ngobrol langsung hal yang terjadi,” kata Irvan pada Cybernewsnasional.com, Selasa (28/03/2023).

Ia juga mengungkap, Pak Dadang membenarkan bahwa ada penebangan dikarenakan pohon itu sudah lapuk dimakan usia dan ditakutkan nanti akan terjadi pohon tumbang dan menimpa pengunjung seperti yang pernah terjadi beberapa Minggu kemarin.

“Ada pohon yang menimpa mobil pengunjung meski tidak ada korban jiwa,” ujar Irvan menirukan.

Disamping konfirmasi dikantor Irvan Azis Ketum Lsm Dampal jurig langsung dengan didampingi oleh Bapak Dadang polhut Turun kelapangan untuk melihat kelokasi dimana penebangan pohon itu dilakukan.

“Nampak disana sedang dibangun arena parkir untuk menampung kendaraan yang disetiap hari libur selalu penuh oleh para pengunjung yang bertamasya ke danau situ gunung dan jembatan gantung serta destinasi lain,” imbuhnya.

Ketum Dampal Jurig itu menambahkan, memang area parkir yang ada kurang memadai.

Lebih lanjut, setelah Komunikasi dan melihat langsung Irvan Azis sangat menyayangkan dengan apa yang telah dilakukan karena ada dampak positif dan negatif yang akan muncul nanti nya tapi karena ini sudah terjadi.

Masih kata Irvan, Lsm Dampal berharap kedepannya tidak ada lagi penebangan pohon dengan dalih apapun kecuali pohon itu roboh dgn sendirinya.

“Yah, adapun jika ada pohon sekiranya membahayakan karena lapuk dimakan usia ditakutkan tumbang dan bisa menyebabkan kecelakaan akan lebih baik nya di komunikasikan dan disosialisasikan terlebih dahulu alasannya tidak seperti ini serta dilakukan kembali penamaan kembali untuk ganti nya meski jaraknya akan lama,” tukas Irvan.

Saat dihubungi oleh Irvan azis via, Kepala Resort situ gunung menjelaskan pihaknya dan perusahaan pengelola jembatan gantung sudah menyiapkan ratusan bahkan ribuan pohon jenis Rasamala untuk di tanam sekitar kawasan sebagai gantinya.

“Mari kita tunggu realisasinya,” pungkas Irvan.

(A Zazuli)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.