Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Minta Hak Penyandang Disabilitas Harus Diwujudkan

SUKABUMI, CYBERNEWSNASIONAL.COM – Dalam Rapat Penyampaian Pandangan Umum Fraksi terhadap Raperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun 2022 Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara meminta pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Sukabumi untuk memperbaiki beberapa kekurangan.

Hal itu disampaikan Yuda seusai memimpin Rapat Paripurna bersama Pemda dalam membahas penyampaian pandangan umum fraksi terhadap raperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun 2022.

Yudha mengungkap, usai Paripurna tadi ada beberapa catatan. Ada beberapa pertanyaan dan beberapa masukan juga dalam pandangan fraksi tadi itu nantinya harus dijawab oleh pak bupati dan Pemda sebagaimana mestinya.

“Iya nanti di acara paripurna selanjutnya setelah itu nanti kami akan mendengarkan jawaban saudara Bupati di agenda Paripurna berikutnya,” ucap Yudha.

Menurutnya Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi tersebut, selain pembahasan di atas Paripurna juga membahas tentang jawaban pandangan Bupati tentang Raperda penyelenggaraan perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas pada Raperda yang sedang dalam pembahasan dan sangat bagus saat bisa diterapkan di Kabupaten Sukabumi.

“Ya tentu ini sangat bagus sekali kadang perihal disabilitas ini terlewati. Saya berharap raperda ini bisa betul-betul berdaya guna. Tadi Pak Bupati melalui Pak wakil Bupati dalam penyampaiannya cukup sinkron dengan apa yang diharapkan di DPRD,” imbuhnya.

Dikatakannya, memang ini perlu ada pembahasan-pembahasan yang konkrit dan juga detail. Kang Yudha ingin rapat paripurna ini betul-betul melahirkan hal yang bermanfaat bagi disabilitas.

Sementara itu Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri menyampaikan apresiasi usai pandangan fraksi-fraksi dalam rapat paripurna tersebut. khususnya terkait dengan laporan pertanggungjawaban APBD Kabupaten Sukabumi Tahun 2022 yang mendapat wajar tanpa pengecualian (WTP).

“Pemda sangat mengapresiasi pandangan fraksi tadi soal penggunaan anggaran 2022. Alhamdulillah kembali mendapat WTP ya ada sedikit rekomendasi masukan dan saran Tapi menurut saya ini sangat bagus untuk meningkatkan kerja kami di pemerintah daerah,” kata Wabup Iyos Somantri.

Kang Iyos juga mengungkap, hal utama terkait dengan tata kelola keuangan yang efektif dan efisien transfer dan akuntabel tentunya ini akan didorong dengan saran dari fraksi-fraksi saat rapat.

“Koneksinya akan kami perbaiki ini harus berkualitas ke depan jadi tidak sekedar mendapat WTP saja,”  singkat Wabup.

(A Zazuli)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.