FPK Jakut Gelar Raker Dengan Thema Membangun Pelangi di Utara Jakarta

Jakarta.Cybernewsnasional.com – Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kota Jakarta Utara Masa bakti Tahun 2021-2026 menggelar Rapat Kerja ( Raker ) Pertama dengan mengambil Thema ” Membangun Pelangi Di Utara Jakarta” selama 3 hari dari tanggal 11 hingga 13 Februari tahun 2022, dilaksanakan di kawasan Puncak Jawa Barat , Senin (14/02).

Ketua FPK Kota Jakarta Utara H. Hanafi  Syaf, S.Sos, dalam sambutannya mengatakan sesuai dengan Permendagri No. 34 Tahun 2006, merupakan wadah informasi, komunikasi, konsultasi, dan kerjasama antar warga masyarakat yang diarahkan untuk menumbuhkan, memantapkan, memelihara dan mengembangkan pembauran kebangsaan.

Dengan tidak berlebihan kata dia FPK menjadi Garda Terdepan di tingkat masyarakat, dalam rangka menciptakan harmonisasi dalam kehidupan tanpa harus di batasi oleh perbedaan suku, ras, dan etnis dengan berbagai latar belakang budaya, adat istiadat dan agama sekalipun,” tutur M. Hanafi syaf.

FPK merupakan instrumen praktis kemasyarakatan demi mewujudkan cita cita  persatuan kesatuan bangsa dan apabila terjadi perbedaan polarisasi dalam kehidupan bermasyarakat diantaranya, akibat kesenjangan ekonomi, perbedaan latar belakang sosial kultural, kepentingan politik dan lain lain.

” Belakangan ini akses kemajuan teknologi informasi dan komunikasi ternyata bisa menimbulkan dampak destruktif terhadap ke ekosistensi persaudaraan sesama anak bangsa misalnya isue dan hoaks dengan mudah bisa menyebabkan polarisasi sosial yang tajam dan terpecah belah, apalagi bangsa ini sedang menjelang momentum tahun politik 2024,” sambungnya.

Oleh karena itu kehidupan sosial yang tidak kondusif pada gilirannya tentu akan menjadi penghambat bagi segala upaya membangun bangsa menuju kehidupan bersama yang adil makmur dan sejahtera.

“Kami menyadari peran dan fungsi serta latar belakang permasalahan sekaligus dampak konflik sosial tersebut, khususnya di wilayah Jakarta Utara yang dikenal sebagai “melting pot” berbagai suku bangsa di Indonesia atau miniatur Indonesia tersebut,” ujar Hanafi syaf.

Dengan demikian FPK Jakarta Utara telah menyelenggarakan kegiatan Raker kata Drs. Didinong Say yang dipimpin oleh H. Hanafi Syaf, S. Sos dari etnis Madura, Jawa Timur, dengan Ketua Panitia Drs. GF. Didinong Say dari NTT,

” Acara ini telah terlaksana dengan sukses berkat dukungan sepenuhnya dari Walikota Jakarta Utara dan Kesbangpol Jakarta Utara,” ujar ketua panitia Rapat Kerja FPK Pertama Drs. Didinong Say perwakilan FPK dari NTT.

Selain itu tokoh masyarakat Jakarta Utara, H. Sabri Saiman bersama pihak Polres Jakarta Utara dan Kodim 0502 Jakarta Utara hadir sebagai narasumber dalam giat Raker tersebut untuk memperluas wawasan kebangsaan serta motivasi bagi peserta Raker FPK Jakarta Utara.

” Pihak ke III dan simpati perorangan di wilayah Jakarta Utara yang memiliki komitmen untuk merawat harmoni sosial  di wilayah Jakarta Utara ikut memperlancar giat Raker tersebut dalam hal kebutuhan akomodasi dan logistik yakni, PT. Bogasari Flour Mills, PT Pelabuhan Tanjung Priok, Bank DKI, BPJS dan lain lain. Ucapan terimakasih juga dilayangkan kepada Kantor Badan Penghubung Provinsi NTT di Jakarta yang ikut menunjang dengan bantuan transportasi,” ungkap Didinong Say.

Hasil dari itu pembentukan Strategi dan Rencana Program Kerja  FPK Jakarta Utara 2021 – 2026  diberi tema “Membangun Pelangi di Utara Jakarta”,  secara substansial thema tersebut terwujud dalam itikad dan komitmen segenap Pengurus dan Anggota FPK Jakarta Utara untuk senantiasa berupaya membangun dialog dan silahturrahim antar etnis di wilayah Jakarta Utara dalam bingkai kolaborasi dan sinergis dengan berbagai institusi dan stakeholder terkait,” tutupnya.

Penulis : Eko

Editor   : Sunarno

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.