Disnakertrans Kabupaten Sukabumi Latih Purna PMI dengan Hadirkan Akademisi Khusus, Siapakah Tokoh Itu?

SUKABUMI, CYBERNEWSNASIONAL.COM – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaketrans) Kabupaten Sukabumi laksanakan pelatihan pada Purna Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang berada di wilayah Kecamatan Cikakak dan berlokasi di Aula Desa Cikakak, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Jumat (28/07/2023).

Kegiatan bertajuk “Pembekalan Pemberdayaan Kewirausahaan Sub Kegiatan Pemberdayaan Pekerja Migran Indonesia Purna Penempatan Tahun 2023″ ini diikuti oleh puluhan Purna PMI.

Purna PMI sendiri adalah sekelompok pekerja migran yang pernah bekerja di luar negeri dan telah kembali ke tanah air.

Ada yang nampak istimewa dalam kegiatan ini yakni hadirnya salah satu tokoh asli Sukabumi dan seorang tokoh akademisi yakni Dr. Drs. Sundawan Salya, M. Si.

Turut hadir mendampingi narasumber, Ketua Harian PLUT KUMKM Kabupaten Sukabumi Aam Abdul Salam, Jajaran Disnaketrans Kabupaten Sukabumi dan sejumlah Perangkat Kecamatan dan Desa setempat.

Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Disnaketrans Kabupaten Sukabumi, Ade Sasmita mangatakan, dalam dua tahun terakhir pihaknya selalu rutin melaksanakan pelatihan-pelatihan kepada Purna PMI.

“Alhamdulillah selama kurang lebih Dua tahun terakhir kita selalu rutin melaksanakan pelatihan- pelatihan kepada Purna PMI. Sebelumnya kita juga sudah mengadakan kegiatan ini di wilayah Cikembar dan sekarang di Cikakak, tentunya Alhamdulillah hal ini bisa terlaksana melalui Kolaborasi dengan beberapa pihak salah satunya PLUT KUMKM,” tuturnya.

Ade berharap, dengan adanya kegiatan pelatihan ini bisa menumbuhkan jiwa wirausaha dan pengembangan diri para Purna PMI serta beralihnya keinginan mereka untuk kembali bekerja di luar negeri dan lebih memilih untuk berwirausaha di negeri sendiri.

“Disini sangat banyak peluang besar untuk mengembangkan dan meningkatkan ekonomi. Salah satu hal yang perlu dilakukan adalah belajar dan belajar serta mengaplikasikan manajemen dan tehnik wirausaha yang bagus. Saat ini kami minta kehadiran seorang tokoh akademisi asli Sukabumi untuk melatih dan memberikan motivasi,” pungkasnya.

Diketahui, Dr. Drs. Sundawan Salya M.Si merupakan salah seorang tokoh Sukabumi sekaligus akademisi dan diundang khusus untuk memberikan materi dalam kegiatan tersebut.

Pada awak media yang hadir, sosok akademis yang kharismatik tersebut mengungkapkan, kehadirannya dalam kegiatan kali ini untuk memenuhi undangan dan selain itu untuk memberikan motivasi kepada warga yang bergerak di bidang UMKM.

“Kehadiran saya atas undangan rekan saya disini, alhamdulillah saya bisa hadir di Cikakak ini. Kami tadi bertukar wawasan dan pengetahuan khususnya bagaimana tips dan trik manajemen serta merubah mindset dari pekerja menjadi pengusaha, walau dari tingkat paling bawah untuk kemudian naik setahap demi setahap menuju sukses,” ucapnya usai kegiatan.

Ditambahkannya, Bagi Dr.Sundawan, UMKMnya sendiri merupakan konsep yang sangat bagus untuk di kembangkan, dan pelakunya perlu di motivasi untuk meningkatkan semangat bahkan produksi.

“Saya juga berharap, pelatihan ini tidak hanya berhenti dikegiatan ini saja, akan tetapi perlu adanya pendampingan agar pelaku UMKM mendapatkan Out Come dari apa yg mereka kerjakan,” tandasnya.

Disampaikannya, untuk meningkatkan produksi sampai terjual itu kan tidak mudah, disitu dibutuhkan sisi manajemen yg perlu di perbaiki. Ini tanggung jawab kita bersama meningkatkan kemampuan manajemen dari berbagai aspek.

“Jangan sampai pelatihan sekali terus dilepas, harus ada out come nya bukan hanya output. UMKM juga merupakan pilar ekonomi nasional, karena UMKM jarang terkena resesi secara langsung,” cetusnya.

Selain itu juga disampaikan, UMKM hampir tidak pernah terkenan resesi. Ketika perusahaan- perusahaan terkena dampak langsung, tapi bagi pedagang sayur, pedagang gorengan atau apa saya yg di kualifikasikan sebagai UMKM, itu tidak pernah terkena dampak langsung.

“Hal ini yang harus di sentuh terus, akan sangat baik jika pemerintah melihat realita di tingkat bawah. Ini merupakan tolak ukur yang riil, bahwa UMKM merupakan pilar ekonomi nasional,” pungkasnya.

Sementara itu, Kades Cikakak, Dedi Mulyadi mengucapkan terimakasih kepada semua pihak atas kepedulian dari Disnakertrans Kabupaten Sukabumi, pada PLUT UMKM Sukabumi dan terkhusus Dr.Sundawan atas kesediaan beliau berbagi ilmu pada para PMI yang ada di Cikakak.

“Semoga bisa membuka wawasan serta bisa dipraktekkan langsung oleh para Purna PMI disini dan menjadi salah satu faktor majunya wilayah Desa kami serta sekitarnya, haturnuhun pisan,” singkat Kades.

(A Zazuli)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.