Dipicu Hujan Deras Semalaman, Bahu Jalan Kabupaten di Desa Sukadamai Amblas Terbawa Longsor

SUKABUMI, CYBERNEWSNASIONAL.COM – Hujan yang begitu deras semalaman pada kamis (04/05/2022) memicu terjadinya bencana longsor dan amblasnya sebagian bahu jalan kabupaten yang berada di kampung Kadupugur RT 002 RW 001 Desa Sukadamai Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi, Minggu (08/05/2022).

Kapala Desa Sukadamai Rudi Hartono mengungkapkan, Ia dari pemerintahan Desa Sukadamai berserta Forkompimcam dan BPBD, Pol PP di Kecamatan Cicantayan mendapatkan laporan dan segera meninjau kejadian longsor yang dipicu hujan deras di malam tadi.

“Longsor yang terjadi menyebabkan amblasnya bahu jalan Kabupaten yang panjang sekitar 50 meter, lebar 50 meter dengan ketinggian 100 meter. Selain itu ada 2 rumah warga yang terdampak,” ujar Rudi.

Rudi juga menjelaskan, rumah warga yang terdampak adalah rumah Bapak Dili dan Bapak Pepen.

“Total kesuluruhan anggota keluarga dari dua KK di dua rumah tersebut sepuluh orang,” tuturnya.

Sebagai pimpinan dari Pemerintah Desa Sukadamai, Rudi juga menghaturkan terimakasih sebesar-besarnya terutama kepada Forkompimcam , BPBD Kecamatan yang mewakili Kabupaten Sukabumi , Pol PP, Bhabinkamtibmas, Babinsa, tokoh masyarakat dan warga masyarakat dan sekitarnya serta seluruh stakeholder yang turut membantu kejadian longsor yang ada di Sukadamai.

“Kami dari pemerintahan Desa sukadamai berharap segera ada intervensi dari Pemerintah Kabupaten Sukabumi baik dari Dinas PU, Dinas BPBD untuk pembangunan TPT sehingga cepatnya penanganan yang terlihat saat ini adanya retakan-retakan di ruas jalan cimahi sampai bojong dikhawatirkan warga adanya longsor susulan,” pintanya.

Dalam kesempatan yang sama, Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Walda dan Alam mengatakan, mereka dari BPBD Kecamatan Cicantayan sudah berupaya melaporkan kejadian kepada Pusdalops dan kepada pihak BPBD untuk menangani bencana alam tersebut.

“Kami menghimbau kepada masyarakat yang sudah terdampak untuk segera mengungsi, takutnya ada longsor yang berkelanjutan. saat ini bahu jalan yang amblas juga telah dipasangi Police Line oleh Bhabinkamtibmas agar menjadi peringatan hati-hati bagi warga yang melintas,” pungkasnya.

(Azhari M)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.