Dinas PU Bidang SDA Laksanakan Program Pembersihan Saluran Rutin Irigasi Cibalung

Juru Pengairan dari SDA Dinas PU cek kebocoran irigasi
Juru Pengairan dari SDA Dinas PU cek kebocoran irigasi

SUKABUMI, CYBERNEWSNASIONAL.COM – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi Bidang Sumber Daya Air (SDA) laksanakan Program Rutin Pembersihan Saluran Irigasi Cibalung, Rabu (16/03/2022).  Diketahui, Daerah Irigasi (DI) Cibalung yang menyuplai air ke areal kurang lebih 194 hektar.

Diantaranya wilayah yang di suplay adalah Desa Muara Dua Kecamatan Kadudampit yang masuk ke wilayah satu, Desa Caringin Kulon Desa Talaga Kecamatan Caringin dan Desa Cisande Kecamatan Cicantayan.

Menurut warga sekitar saluran irigasi tersebut sering mengalami kebocoran,  terutama di aliran sungai yang berlokasi di Desa Muara Dua kadudampit sebagai perbatasan Dengan Kecamatan Caringin.

Moch Rifki N selaku juru pengairan, didampingi ASN Deden Saripudin dan Non ASN Andri, langsung berinisatif turun dan melakukan kerja bakti bersama dalam pemeliharaan di sepanjang saluran.

“Alhamdulilah berkat kerja sama semua pihak, dan atas arahan UPTD Dinas Pu Cibadak, semuanya sudah tertangani. Melalui pemeliharaan tersebut yaitu menutupi kebocoran, babad rumput dan mengatur arus air, Insya Allah semua dikerjakan sesuai harapan para pengguna air,” kata Rifki kepada awak media di lokasi, Rabu (16/03/2022).

Lebih lanjut, Kepala UPTD Dinas PU Cibadak H Sudarno mengatakan, pihaknya meminta pengendalian air atau sungai harus terus terjaga, termasuk manajemen penggunaan air bisa maksimal dan warga bisa terpenuhi kebutuhannya.

(Achmad Zazuli)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.