Catumbiri Jadi Strategi Pembangunan Pertanian Berkelanjutan di Kabupaten Sukabumi, Berbagai Pihak Nyatakan Dukungannya

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi Sri Hastuty Harahap
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi Sri Hastuty Harahap

SUKABUMI, CYBERNEWSNASIONAL.COM – Catumbiri merupakan singkatan dari beberapa starategi yang pertama adalah catch the market opportunity (Menangkap Peluang Pasar), touch the farmer (Menyentuh petani dari sisi sosial), manage the technical (Mengelola tehnik yang baik untuk pertanian), based on environment capacity (Berdasarkan kapasitas lingkungan dan daya lingkup lingkungan), dan re-build collaboration (Membangun kembali kerjasama, kolaborasi dengan semua orang.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Kabupaten Sukabumi, Sri Hastuti Harahap mengatakan, Strategi Catumbiri merupakan pembangunan pertanian berkelanjutan di Kabupaten Sukabumi, Senin (10/07/2023).

Salah satu Dosen IPB memberikan apresiasi dan dukungan atas program strategi Catumbiri
Salah satu Dosen IPB memberikan apresiasi dan dukungan atas program strategi Catumbiri

Hal itu sejalan dengan support system pendukung yang selalu memberikan dampak positif dan kritik membangun bagi keberhasilan sebuah project. Keberadaan mereka yang suportif dalam tim dan lingkungan kerja akan berdampak luar biasa terhadap akselerasi pencapain target.

Demikian pula halnya untuk implementasi strategi catumbiri, dukungan berbagai pihak sangat dibutuhkan terlebih dari pimpinan, rekan, keluarga dan seluruh pihak yang peduli dengan pertanian. Selain dukungan, kolaborasi nyata adalah kunci untuk mewujudkan pembangunan pertanian berkelanjutan di Kabupaten Sukabumi.

“Strategi Catumbiri adalah starategi pembangunan pertanian berkelanjutan di Kabupaten Sukabumi,” imbuh Kadistan.

Tuti juga menambahkan, startegi ini juga bertujuan untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para petani khususnya di Kabupaten Sukabumi.

“Catumbiri ini adalah starategi komprehensif hulu dan hilir, yang tujuannya meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani,” jelasnya.

Bupati Sukabumi, H.Marwan Hamami juga menyampaikan dukungannya terhadap strategi inovasi pertanian yang sedang dilakukan Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi tersebut.

Hal senada juga diungkapkan Dosen Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr.Ati Dwi Nurhayati serta berbagai pihak yang concern dalam bidang pertanian.

Sementara itu, Direktur Jendral Perkebunan Kementerian RI, Andi Nur Alamsyah mengapresiasi projek perubahan yang di lakukan Distan Kabupaten Sukabumi.

“Sayang sangat mengapresiasi projek perubahan yang dilakukan Ibu Sri Hastuti Harahap bersama dinas pertanian terkait pembangunan pertanian berkelanjutan dengan judul Catumbiri,” ujarnya

Andi juga berharap hal ini bisa manjadi salah satu pendorong pertanian kita kedepan terutama di Kabupaten Sukabumi. “Mudah-mudahan projek ini bisa menjadi salah satu pendorong pertanian kita kedepannya,” pungkasnya.

Dukungan juga datang dari berbagai stakeholder terkait yang optimis dengan strategi Catumbiri yang menjadi project unggulan Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi saat ini.

(A Zazuli)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.