PMI Bersama Pemerintah Kecamatan Cicantayan Gelar Aksi Donor Darah

Sukabumi. MCNN – Palang Merah Indonesia ( PMI ) bersama Pemerintah Kecamatan Cicantayan dan Karang Taruna Se Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi melakukan kegiatan Donor Darah di Puskesmas Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi, Kamis (27/05).

Camat Cicantayan Sendi Apriadi mengatakan mendukung sepenuhnya kegiatan Donor Darah yang dilakukan PMI Kecamatan Cicantayan, mengingat persediaan darah di Pandemi covid19 saat ini sangat kurang, karena setetes darah sangat berguna bagi sesama,” tutur Sendi Apriadi.

” Maka dengan itu kami sebagai Camat Cicantayan sangat mengapresiasi program tersebut dan sekaligus menginstruksikan kepada para Karang Taruna untuk  menyehatkan masyarakat Cicantayan,” jelasnya.

Dihari yang sama ketua PMI Cicantayan diwakilkan oleh kepala Puskesmas Kecamatan Cicantayan Drg. Corintje menyebut, kenapa saya antusias banget dengan program donor darah karena selama ini kita selalu kekurangan darah apa lagi dipandemi ini.

” Kami berharap kepada masyarakat untuk mau mendonorkan darahnya, karena selagi kita mendonor darah kita makin sehat,” imbaunya.

Selain itu ketua karang Taruna Cicantayan sangat mengapresiasi kepada pemuda yang telah mendonorkan darahnya, semoga bisa membantu dan menjadikan Setetes maupun banyak jadi manfaat buat yang membutuhkan,” kata Ketua Karang Taruna Kecamatan Cicantayan Hendar Albukhory.

” Dia berharap kegiatan donor darah ini berkelanjutan dan akan kita programkan di setiap desa, dan nantinya karang taruna desa jadi penggiat sosialisasi kemasyarakat untuk kegiatan donor darah,” terangnya.

Ditempat yang sama ketua panitia pelaksana donor darah mengucapkan terimakasih kepada semua pendonor darah yang telah menyumbangkan darahnya dan yang telah membantu suksesnya giat donor darah di kecamatan Cicantayan,” kata ketua panitia pelaksana donor darah Bidan Amidasari.

Dia menjelaskan bahwa kegiatan ini sempat vakum 1 tahun di karenakan pandemi covid-19, dan untuk menghindari kerumunan kami melaksanakan sesuai dengan prokes covid-19.

” Kegiatan ini murni di lakukan atas dasar sosial dan kemanusiaan menolong sesama. Kegiatan donor darah di ketahui oleh pak camat Cicantayan bapak sendi apriadi dan cc ketua PMI kecamatan dan berkoordinasi dengan FSKSS dan PMI kabupaten sukabumi,” jelas Bidan Amidasari.

PMI Kecamatan Cicantayan punya harapan besar dengan peserta donor terbanyak di kecamatan Cicantayan oleh warganya bisa mencapai 1000 lebih setiap tahun.

” Hal ini di karenakan kebutuhan darah di kabupaten sukabumi sangat banyak dan setiap bulan PMI kabupaten sukabumi menyampaikan kurang lebih 1500 lebih setiap bulan nya.”

” Kegiatan donor darah ini di hadiri oleh wakil ketua PMI kabupaten sukabumi bapak ajat jatnika sekaligus sebagai sekretaris FSKS ( forum silaturahmi kabupaten sukabumi sehat) Terima kasi semua pihak atas dukungan dan kerja samanya dalam pelaksanaan ini,” tutupnya.

Diketahui peserta yang hadir tetap mematuhi Protokol Kesehatan ( Prokes ) Covid-19 diantaranya.
1. Memakai masker
2. Mencuci tangan
3. Menjaga jarak
4. Mrnjauhi kerumunan
5. Membatasi mobilisasi interaksi. Pendonor sebanyak 43 orang dan yang bisa mendonor darahnya 29 orang, namun karena hal yang tidak memungkinkan hanya 14 orang pendonor yang tidak bisa diambil darahnya.

( Azhari Muchtar )

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.