Petugas Terus Berjibaku Padamkan Api di TPA Rawa Kucing, Kandungan Gas Metan Sebabkan Api Meluas Cepat

Petugas pemadam berjibaku padamkan api di tumpukan sampah TPA Rawa Kucing. (Foto Supriyadi Ups)

KOTA TANGERANG, Cybernewsnasional.com — Kebakaran yang melanda TPA Rawa Kucing meluas dengan cepat meski petugas pemadam kebakaran terus berjibaku memadamkan api yang menyulut gunungan sampah di area tersebut.

Aktivis lingkungan hidup, Pahrul Roji mengatakan selain panas akibat kemarau panjang membuat sampah kering, kandungan gas metan dalam tumpukan sampah membuat api cepat menyambar.

“Yah karena gas metan” terang Founder Saba Alam Indonesia Hijau.

Nampak sejak awal mula terbakar di titik tengah gunungan sampah TPA dekat Pintu 1 pada Jum’at (20/10/2023) sejak pukul 13:30 wib hingga pukul 16:00 wib meluas bersama arah hembusan angin ke arah jalan Iskandar Muda Kecamatan Neglasari Kota Tangerang.

Hingga malam pukul 20:30 wib nampak kobaran api masih terlihat di TPA Rawa Kucing, Pemkot Tangerang pun terus berusaha memadamkan api di TPA Rawa Kucing mencegah terjadinya gangguan penerbangan di Bandara Soekarno Hatta yang letaknya berdekatan dengan TPA Rawa Kucing.

Terus berjibaku hingga malam hari 450 petugas gabungan dari BPBD, DLH, PUPR, Disbudpar dan juga Satpol PP masih bertahan di lokasi untuk memadamkan api bersama tim medis bersiaga.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan pemerintah kota Tangerang, Mualim menjelaskan, seluruh langkah tersebut dilakukan untuk mengantisipasi meluasnya dampak kebakaran, terlebih TPA Rawa Kucing lokasinya tidak jauh dari Bandara Internasional Soekarno Hatta.

“Kekhawatiran itu ada, oleh karenanya kita terus berusaha maksimal untuk melakukan pemadaman,” jelasnya.

“Tadi siang anginnya kan juga cukup kencang ya, makanya apinya cepat menjalar. Kalau nanti anginnya mengarah ke bandara ini yang kita khawatirkan,” sambung Mualim.

Tak hanya itu, Pemerintah Kota Tangerang terus berusaha agar api segera dapat dijinakkan dengan meminta bantuan BNPB untuk mengerahkan helikopter water bombing untuk memadamkan kebakaran di tempat pembuangan akhir (TPA) Rawa Kucing

“Iya kita sedang lakukan koordinasi dengan Basarnas dan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) untuk bisa mengerahkan helikopter untuk melakukan water bombing,” ujar Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin di lokasi kejadian, Jumat (20/10/2023) malam. (Ups)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.