Petani Milenial Langit Firdaus Bagikan Ratusan Bibit Pohon Kopi pada Petani Lereng Gunung Gede Pangrango

SUKABUMI, CYBERNEWSNASIONAL.COM – Kelompok Petani Milenial Langit Firdaus membagikan ratusan bibit kopi ke Kelompok Tani Jaya Abadi di Desa Undrusbinagun Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi, Sabtu (14/01/2023).

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya transfer pengetahuan kepada petani supaya dapat menjaga kestabilan alam.

Menurut Kabid Pengelolaan Hasil Tani Petani Millenial, Indra Rissandi, Desa Undrus Binangun merupakan desa penyanggah Gunung Gede Pangrango dengan ketinggian wilayah 1200 lebih MDPL (Meter Diatas Permukaan Laut).

“Desa penyangga memiliki peran penting dalam konservasi alam. Melihat di daerah Desa Undrus terkhusus para petani yang menanam tanaman sayuran dan musiman di lereng dan perbukitan dikhawatirkan bakal memperparah kerusakan lingkungan karena tidak adanya tanamam penyanggah tanah,” ucapnya.

Indra juga menyampaikan, mereka berharap kedepannya para petani lebih memperhatikan lingkungan sekitar. Oleh karena itu pihaknya memberikan bibit kopi, karena kopi memiliki fungsi Ekologi, Sosial, dan Ekonomi .

“Kopi juga sebagai tanaman konservasi dikarenakan komoditas tersebut juga memiliki nilai strategis sebagai tanaman konservasi tanah dan air disebabkan memiliki akar tunggang yang sangat dalam dan akar serabutnya juga lebar sehingga efektif dalam mencegah erosi,” ujar Indra.

Lebih lanjut dikatakan, Kedepannya Langit Firdaus juga akan mengajak belajar bersama cara mengolah kopi paska panen sehingga para petani bisa menjual hasil panennya dengan nilai ekonomi yang tinggi.

Sementara itu, ketua Kelompok Tani Jaya Abadi, Marpudin, mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada Langit Firdaus.

“Kami dari kelompok Tani Jaya Abadi berterimakasih kepada Langit Firdaus yang telah memberikan edukasi terhadap kami tentang manfaatnya menanam kopi, hingga pengolahan pasca panen. Bibit ini akan kami bagikan juga kepada anggota kelompok Tani Jaya Abadi. Semoga hal ini juga bisa menginspirasi semua pihak untuk peduli lingkungan dan juga mendapat perhatian dari Dinas Pertanian Kabupaten dan kota Sukabumi untuk di follow up dengan program petani peduli lingkungan,” singkatnya.

(A Zazuli/Fazrin)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.