Pemkab Sukabumi Monitoring Stok Beras Gudang Bulog, Assda II : Ketersediaan Masih Stabil

SUKABUMI, Cybernewsnasional.com Pemkab Sukabumi lakukan monitoring stok Beras di Gudang Bulog di Jalan Raya, Pasirhalang, Kec. Sukaraja, Kabupaten Sukabumi.Rabu 28 Februari 2024. Pemantauan tersebut dilaksanakan guna memastikan ketersedian beras juga sebagai persiapan Operasi Pangan Murah dibeberapa wilayah di Kabupaten Sukabumi menjelang Bulan Suci Ramadhan.

Tim monitoring yang dipimpin Assda II Bidang Pem Kesra tersebut terdiri dari unsur Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Dagin, Diskominfo serta Bagian Ekonomi Setda.

Monitoring stok beras ini dilaksanakan sebagai upaya menyikapi tingginya harga beras di pasaran saat ini. Dimana, tingginya harga beras menjadi permasalahn di masyarakat.

Sebagaimana diketahui harga beras melonjak akibat perubahan iklim dan cuaca yang mengakibatkan terjadinya gagal panen hingga membuat produksinya berkurang. Kekurangan suplai inu berdampak pada kenaikan harga.

Dari Hasil monitoring di bulog kabupaten sukabumi diketahui bahwa ketersediaan beras untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kabupaten sukabumi relatif aman dan stabil.

Hal tersebut mengingat stok masih tersedia kurang lebih 600 ton dan akan segera tiba beras hasil petani untuk menambah stok kurang lebih 600 ton. Sementara di bukan Maret di estimasikan akan masuk lagi stok beras 4000 ton.

Selain itu Pemkab Sukabumi memiliki Potensi Panen: -Maret = 17.100 Ha; April = 26.977 Ha
Total Maret-April = 44.077 Ha; Serta Potensi produksi 252.341 ton Gabah Kering Giling dan Potensi produksi beras = 161.498 ton.

” Jadi aman untuk distribusi memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya di kabupaten sukabumi” ungkap Assda II Dedi Chardiman.

Karena itu, tambah Dedi, pasokan beras masih aman, termasuk stok di gudang Bulog cukup untuk memenuhi kebutuhan termasuk kebutuhan di bukan ramadhan.

Dedi juga mengajak mengajak masyarakat tidak perlu panic buying karena khawatir akan ketersediaan beras lantaran stok beras masih aman.

(A Zazuli)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.