Pemerintah Kecamatan Cikembar Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana

SUKABUMI, CYBERNEWSNASIONAL.COM – Pemerintah Kecamatan Cikembar Menggelar apel Kesiapsiagaan Bencana di Halaman Kantor Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, Senin (24/10/2022).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Forkompimcam, Muspika, Kapolsek Cikembar dan jajarannya, Danramil, Babinsa, Damkar, Kasi trantrib, P2BK BPBD, Seluruh Kepala Desa Se-Kecamatan Cikembar.

 

Camat Kecamatan Cikembar Tamtam Alamsyah,S.Ip menyampaikan, sehubungan dengan cuaca yang cukup extrim maka fungsi apel siaga ini untuk menyamakan langkah-langkah pemahaman dan persepsi untuk semua unsur ketika menghadapi bencana.

“Jadi apel ini untuk menyamakan langkah kemudian semua elemen siap siaga dalam rangka antisipasi terjadinya bencana,” kata Camat Cikembar.

Sementara itu, Kasi Trantrib Kecamatan Cikembar Andi SIP mengatakan, apel kesiapsiagaan bencana ini berawal dari banyaknya bencana yang terjadi.

Apel yang dilaksanakan hari ini adalah apel gabungan dengan tujuan agar sigap di lapangan kepada masyarakat dan pemerintahan di Kecamatan Cikembar.

“Mengenai sosialisasi kita sudah melakukan di dua bulan kebelakang. Selain mengadakan pembinaan dan pelatihan kepada Linmas yang ada di tiap Desa dan warga masyarakat, harapannya kepada pemerintah yang ada di wilayah agar sigap dalam menanggapi dan melaporkan kegiatan bencana supaya tidak timbul korban di wilayah,” terangnya.

Dinas pemadam kebakaran dan penyelamat (DPKP) Komandan rescue, Yogi, mengungkapkan, pihaknya sudah mempersiapkan satu unit mobil damkar dengan beberapa personil yang disiapsiagakan dengan berkoordinasi pemerintahan Kecamatan, Desa, babinkamtibmas, babinsa dan lainnya.

“Dengan harapan agar ketika adanya bencana kita ikut menanggulangi bersama-sama, baik di kewilayahan Kecamatan, tingkat Desa serta warga masyarakat sekitarnya,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, P2BK BPBD Kecamatan Cikembar Sudarmat  Menghimbau kepada kepala Desa dan masyarakat semua untuk tetap siaga. Jika terjadi bencana agar melaporkan ke pihak pemerintahan ke tingkat atas Kecamatan dan BPBD,

“Dengan persiapan di musim hujan yang begitu extrim sampai Januari ini langkah-langkahnya dari kami BPBD selalu siaga, standby dari Kecamatan,

“Berkoordinasi dengan pemerintahan Desa, babinkamtibmas dan BPBD
tentunya kami berharap masyarakat tetap waspada, kalau pun ada bencana tenang saja jangan terlalu panik akhirnya bisa menimbulkan kecelakaan sehingga kami berpesan kepada masyarakat agar tetap siaga di wilayah atau kepala Desa menyiapkan posko di tingkat Desa,” pungkasnya.

(Azhari M)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.