Momentum HPN, Praktisi Pers  Dewa Sukma Kelana : Pers Punya Hak Untuk Sejahtera

TANGERANG, Cybernewsnasional.com – Dalam momentum memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023, Salah satu pengusaha sekaligus seorang praktisi pers, Dewa Sukma Kelana menyampaikan, seharusnya para wartawan membentuk serikat pekerja.

Dewa mengatakan, Serikat pekerja agar lebih memudahkan fungsi komunikasi dengan pimpinan media dan aparatur pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan para pegiat jurnalis.

” Wadah itu sangat diperlukan, saya tahu, kalau jurnalis berhadapan langsung dengan pimpinan media agak kaku dan perlu ada campur tangan pemerintah,” kata Dewa kepada awak media, pada Rabu, (08/02/2023).

Pasalnya, Dewa juga mengatakan, para wartawan juga perlu memikirkan kesejahteraannya. Selain itu soal keamanan bahwa wartawan memiliki resiko sangat besar atas kerja – kerja peliputannya agar tidak ada tindakan kriminalisasi insan pers.

“Jurnalis itu harus menyampaikan informasi seterang – terangnya, maka dari itu harus diproteksi perlindungannya. Bukan saja UU berkaitan pers, tetapi juga aturan-aturan yang dapat melindungi jurnalis itu sendiri,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dewa mengungkapkan, pers memiliki peran strategis dalam dunia sebagai pemberi informasi. Misalnya, dalam merebut kemerdekaan Indonesia, sambung dia, pers memiliki peran penting menyebar-luaskan suara-suara kemerdekaan,

“Tanpa jurnalis, saya kira Indonesia ini tidak akan terlihat di dunia. Saya ucapkan selamat hari pers nasional. Mudah-mudahan cita-cita jurnalis bisa terwujud dalam peningkatan kesejahteraannya,” imbuhnya. ***(Ms/Angga)***

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.