Koordinator Bidang Advokasi PWI Kabupaten Sukabumi Soroti Kasus Penganiayaan Wartawan JS

SUKABUMI, CYBERNEWSNASIONAL.COM – Bidang Advokasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sukabumi, menyoroti terkait peristiwa kekerasan terhadap insan pers yang menimpa salah satu wartawan Jurnalsukabumi.com (JS) bernama Ilham Nugraha pada Senin (23/6/2022) kemarin.

Diketahui, wartawan tersebut menerima perlakuan kekerasan oleh sekelompok orang tak kenal OTK dalam keadaan sedang menjalankan tugas fungsinya sebagai jurnalistik.

Menurut Fitra Yudi Koordinator Bidang Advokasi PWI Kabupaten Sukabumi mengatakan, peristiwa ini sangat dipandang perlu dan sesegera mungkin pelaku penganiayaan diproses secara hukum di negara ini.

“Penganiayaan merupakan suatu tindakan kriminal sebagaimana dijelaskan dalam undang-undang yang berlaku saat ini di NKRI. Apalagi ini menimpa seorang Jurnalis,” kata Fitra.

Maka dari itu, PWI Kabupaten Sukabumi mendorong pihak aparat penegak hukum (APH) satuan reserse kriminal Polres Sukabumi dalam menangani kasus penganiayaan terhadap insan jurnalis di Kabupaten Sukabumi.

“Jelas itu tindakan melawan hukum. Kami mendorong pihak kepolisian dalam menangani kasus ini. Tentunya segera bertindak cepat agar pelaku segera ditangkap dan diproses,” tegas Fitra Yudi bidang advokasi PWI Kabupaten Sukabumi, Rabu (15/06/2022).

Lebih lanjut Fitra mengungkapkan, PWI Kabupaten Sukabumi mendorong langkah-langkah pihak kepolisian dalam menangani kasus penganiayaan terhadap wartawan khusus di Sukabumi. Diharapakan petugas segera dapat mengusut tuntas dan menangkap siapa pun pelaku pengeroyokan kepada awak jurnalis. Karenanya wartawan atau jurnalis dianiaya saat ia melaksanakan tugas profesinya itu sangat jelas dilindungi oleh hukum.

“Ya cukup jelas jika jurnalis dalam menjalankan tugas peliputan itu dilindungi oleh undang-undang.Berdasarkan Undang-Undang Pers Nomor 40 Tahun 1999 pada Bab III tentang Wartawan, Pasal 8 ayat 1 berbunyi Dalam melaksankan profesinya wartawan mendapat perlindungan hukum. Ya kasus ini kita percayakan sama pihak kepolisian Polres Sukabumi,” tegas Fitra Yudi.

(Achmad Zazuli)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.