Kecamatan Palabuhanratu Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Storytelling, Ratusan Relawan Antusias Ikuti Kegiatan

SUKABUMI, CYBERNEWSNASIONAL.COM –  Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri membuka Pelatihan Relawan Pemandu Wisata Penutur Cerita (storytelling) Risalah, Sejarah dan Silsilah Palabuhanratu, di Aula Sekretariat Daerah Palabuhanratu, Rabu (09/11/2022).

Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri mengaku bangga atas terselenggaranya pelatihan storytelling yang diinisiasi Kecamatan Palabuhanratu tersebut. Melalui pelatihan ini para relawan akan memahami metode pengembangan eduwisata dikawasan Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp).

“Menurut saya, ini adalah ide yang sangat luar biasa. Jarang sekali ide seperti ini muncul membantu pemerintah dalam mengembangkan potensi wisata yang sesuai dengan visi dan misi Kab. Sukabumi,” ujar Wabup.

Wabup Iyos menambahkan, upaya untuk mengembangkan daerah potensi wisata ini tidak cukup hanya beberapa unsur saja, namun harus berkolaborasi dari semua lini. Oleh karenanya kehadiran Relawan Sadar Wisata (Resata) ini sangat membantu pemerintah dalam meningkatkan perkembangan pariwisata di Kabupaten Sukabumi.

Sementara dalam sambutannya Camat Palabuhanratu H. Ali Iskandar menyebutkan, pelatihan pemandu wisata penutur cerita ini diikuti 149 peserta, yang tergabung dalam Relawan Sadar Wisata (Resata). Para relawan berasal dari berbagai kalangan diantaranya Perwapas Palabuhanratu, Ormas, OKP, Dinas/Instansi, Sekolah, Paguyuban, PKK dan Komunitas lainnya.

Relawan Sadar Wisata (Resata) antusias mengikuti Pelatihan Pemandu Wisata Penutur Cerita (storytelling), di Aula Setda Kabupaten Sukabumi, Rabu (9/11/2022).

Menurut Ali Iskandar, pelatihan dimaksudkan untuk membentuk relawan pemandu wisata penutur cerita berkaitan dengan risalah, sejarah, dan silsilah Palabuhanratu, yang memiliki daya tarik untuk meningkatkan potensi kepariwisataan di Kabupaten Sukabumi.

“Dalam pelatihan ini akan diungkap risalah, sejarah, dan silsilah Palabuhanratu dan daerah lainnya di Kabupaten Sukabumi. Materi pelatihan Juga akan dilengkapi dengan public speaking dan karakter kepribadian. Diharapkan akan terbentuk relawan Pemandu Wisata Penutur Cerita nu someah hade ka semah (ramah baik terhadap tamu-red), sehingga dapat meningkatkan daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung,” ungkap H. Ali Iskandar.

Pembangunan Tercepat KEK Pariwisata
Ditambahkannya, dengan dirumuskannya risalah, silsilah dan sejarah Palabuhanratu yang terkomunikasikan dengan baik akan menambah kebanggaan sebagai entitas di wilayah Palabuhanratu. Disisilain dengan adanya penutur cerita yang menarik tentang kandungan sejarah Palabuhanrartu akan menambah daya tarik bagi wisatawan. Diharapkan mampu meningkatkan demand terhadap potensi wisata yang ada di Kabupaten Sukabumi.

(A Zazuli)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.