Fokus Bangun Tematik UMKM, DKUKM Kabupaten Sukabumi Gelar Kegiatan Sinergitas Kemitraan Pemasaran Produk dengan Pasar Modern

DKUKM Kabupaten Sukabumi Gelar Kegiatan Sinergitas Kemitraan Pemasaran Produk dengan Pasar Modern
DKUKM Kabupaten Sukabumi Gelar Kegiatan Sinergitas Kemitraan Pemasaran Produk dengan Pasar Modern

SUKABUMI, Cybernewsnasional.com – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DKUKM) menggelar kegiatan Sinergitas Kemitraan Pemasaran Produk dengan Pasar Modern di Greenlane, Goalpara Tea Park, Kabupaten Sukabumi, Kamis (07/03/2024).

Diketahui, kegiatan tersebut diikuti 30 pelaku UMKM dari tiga kecamatan, yakni Sukalarang, Sukaraja, dan Sukabumi, serta menghadirkan beberapa pemateri dari praktisi, akademisi, dan dinas-dinas terkait UMKM.

Kepada awak media, Kepala Bidang Usaha Mikro Dinas KUKM Kabupaten Sukabumi, Virli Virliana mengungkapkan, tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut untuk membantu dalam pengembangan UMKM ditengah kemajuan sektor pariwisata di Kabupaten Sukabumi.

“Ketika ada lokasi pariwisata itu erat kaitannya dengan produk UMKM masyarakat sekitar. Jadi kita ingin dalam kemajuan sektor pariwisata dibarengi dengan pengembangan UMKM masyarakat sekitar, khususnya bagi para pelaku UMKM di sekitar Goalpara Tea Park,” ungkapnya.

“gerakan di tahun 2024 ini akan lebih ke pembangunan tematik, Jadi produk UMKM akan menjadi salah satu penunjang sektor pariwisata dan tidak hanya berhenti disini karena kemitraan ini sangat dibutuhkan pelaku UMKM untuk membantu pamasaran produknya,” katanya.

Virli menjelaskan, produk yang dimiliki oleh 30 pelaku UMKM yang hadir nantinya akan dikurasi dengan menyesuaikan kebutuhan pihak Goalpara Tea Park. Setelah dikurasi, akan tindaklanjuti dengan MoU kerjasama melalui Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (PLUT KUMKM).

“Setelah terjalin kerjasama selanjutnya kita akan melakukan MoU dengan Goalpara Tea Park, jadi pihak dinas hanya gerbang untuk produk UMKM masuk nanti bisnisnya antara koperasi PLUT dengan pihak Goalpara Tea Park,” lanjutnya.

Hal tersebut terjadi karena pihak pengelola Goalpara Tea Park belum menerima kerjasama dengan perorangan, dan hanya menerima dari lembaga atau intansi saja.

“Karena manajemen (Goalpara Tea Park) belum menerima (kerjasama) perorangan dan hanya menerima melalui lembaga atau intansi. Saat ini telah berjalan kerjasama dengan BUMDes setempat dan produk UMKM-nya sudah masuk,” ujar Virli.

“Kita mempunyai scoop yang lebih besar, kalau nanti bagus marketnya nanti akan terbuka peluang untuk umkm selain tiga kecamatan tadi,” tanbahnya.

Virli berharap kemitraan dengan sektor pariwisata bisa berdampak kepada ekosistem UMKM di Kabupaten Sukabumi khususnya dengan meningkatnya penghasilan pelaku UMKM. Selain itu, juga diharapkan dapat menambah jejaring pelaku UMKM karena komoditas wisatawan yang luas.

Hadir dan membuka acara tersebut Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sukabumi Hj. Yani Jatnika Marwan.

(A Zazuli)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.