Deteksi Imbas Gempa, Kalapas Warungkiara dan Jajaran Laksanakan Kontrol Area Lapas

SUKABUMI, CYBERNEWSNASIONAL.COM – Gempa bumi yang bertitik pusat di daerah Cianjur dengan kedalaman 10 KM pada siang tadi turut dirasakan oleh seluruh daerah sekitar Jawa Barat termasuk Lapas Warungkiara. Senin (21/11)

Hastag Pray For Cianjur dengan cepat menyebar dijagat sosial media, hal ini karena imbas gempa yang tak sedikit memakan korban.

Mendasari kejadian ini, Sekretaris Jenderal Kemenkumham langsung memberikan Jukrah kepada seluruh jajaran di Kanwil Kemenkumham Jabar, Banten dan DKI Jakarta terkait kejadian gempa bumi pada area Cianjur Jawa Barat dan sekitarnya. Adapun isi Jukrah tersebut antara lain :

1. Cek dan segera laporkan apabila ada Satker terdampak gempa, sementara ini yang termonitor Lapas Kls IIB Cianjur ;
2. Apabila terjadi gempa susulan, laksanakan langkah2 kontijensi seperti, berkumpul di Tikum, evakuasi ke daerah aman, mekanisme perbantuan, kesiapan angkutan, dsb, “_Salus Populi Suprema Lex Esto_” keselamatan orang banyak adalah hukum tertinggi ;
3. Laks mitigasi utk kurangi risiko bencana, susnya Katpuan hadapi ancaman bencana ( Psl 1 ayat 6 PP 21/2008 ttg Penyelenggaraan Gul Bencana );
4. Apabila terjadi kerusakan, lakukan langkah2 perbaikan serta meminimalisir berbagai potensi gangguan Kamtib ;
5. Intens koord dgn para pihak terkait : BMKG, Forkopimda & Inkait guna kesiapan Gul terpadu ;
6. Jukrah ini agar dilaks dgn penuh rasa tanggung jawab dan segera laporkan hasil kepada Bapak Menteri dg tembusan Wamenkumham, Sekjen, dan Pimti terkait.

Kakanwil Kemenkumham Jabar juga mengingatkan kepada seluruh jajaran UPT di Jawa Barat, “Mohon ber Hati2 dan lakukan langkah2 Deteksi dini n mitigasi resiko atas terjadi nya Gempa yang baru saja terjadi. Dan menurut info BMKG, dimungkin kan masih akan terjadi Gempa susulan ( walaupun dlm skala yang lbih rendah dari yg sebelum nya). Lakukan langkah2 yg telah di sampaikan oleh Bapak Sekjen utk meminimalisir terjadinya jatuh nya korban”.

Menanggapi hal tersebut, Lapas Warungkiara yang turut merasakan goncangan hebat siang tadi, Kalapas dan Jajaran melakukan kontrol area lapas untuk memastikan adanya kerusakan pada titik tertentu.

Alhamdulillah, area Lapas dan Warga Binaan dalam keadaan baik dan sehat pasca gempa. Dan semoga kejadian ini menjadi pengingat bagi kita semua untuk lebih bermuhasabah dan mendekatkan diri pada sang Ilahi. Tak lupa mari berdo’a bagi para korban yang terdampak agar diberikan ketabahan dan kekuatan.

(A Zazuli)

Sumber : Humas L’Kiara

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.