Cicantayan Event Week 2022 Kembali Akan Digelar

SUKABUMI, CYBERNEWSNASIONAL.COM – Setelah sebelumnya sukses digelar pada tahun 2019, Cicantayan Event Week (CEW) kembali akan di Gelar di akhir 2022 ini. Acara sedianya dilaksanakan di beberapa titik center di Wilayah Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi Jawa Barat pada 26 Desember 2022 sampai 31 Desember 2022.

Diketahui, acara CEW ini merupakan kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat yang melibatkan semua unsur Pentahelix di 8 Desa Se-Kecamatan Cicantayan.

Ketua penyelenggara Cicantayan Event Week ( CEW ) Endy Supardi mengungkapkan, CEW ini merupakan kelanjutan event wisata yang sudah dirintis oleh kawasan agro wisata Pusaka Cinta pada tahun 2019 dan sempat terhenti karena COVID-19.

“Tahun ini menjajaki kembali Cantayan Event Week ( CEW ) 2022 dengan mengambil ghirah atau semangat kolaborasi positif 8 Desa Se-Kecamatan Cicantayan. Yang di pakai 4 Center utama dan yang lain sebagai bentuk pengisi penampilan dalam sebuah kolaborasi seni, budaya, UMKM atau yang mempunyai potensi bisa di tampilkan bergabung,” kata Endy.

Lebih lanjut, tujuan Kolaborasi ini bukan hanya sebuah euforia belaka dalam parawisata, tetapi bagaimana masyarakat bisa menciptakan awal baru dalam berbisnis wisata. Tentunya dalam kegiatan itu seperti biasa kami mengambil beberapa segment pagelaran seni budaya, edukasi, kreativitas dan satu pendidikan buat Anak-anak diusia dini. Tujuannya, agar mereka mengenal budaya, seni dan juga estetik hospitality dari parawisata dan kami peduli pada generasi tentang apa yang dijalankan oleh masyarakat dan pemerintahan Kecamatan Cicantayan, demikian disampaikan Endy.

Segment Cantayan event week terbagi di 4 Center pusat kegiatan *titik pertama Desa Sukadamai* pada tgl 26 Desember 2022 yang insyaallah akan dihadiri Bupati Sukabumi dengan menggelar seluruh seni, budaya potensi Kecamatan Cicantayan trutama kearifan lokal dan budaya daerah dengan berkolaborasi dengan bazzar UMKM, Playanan kesehatan dan Pelayanan perizinan UMKM.

Untuk titik ke-2 di Desa Cisande, di kampung pingku singgahin sebuah Destinasi baru, disana di fokuskan kegiatan Children fashion bagaimana mengexplore Anak-anak usia dini 3 -6 th supaya muncul potensi, keberanian di kolaborasi dengan literasi dan edukasi.

Di Cisande ada satu yang sangat menarik yaitu sapoe ulin di lembur yang mengingatkan Anak-anak usia dini mengingatkan kembali bahwa ada permainan-permainan jaman dulu yang hari sudah terlupakan bukan berarti kembali kebelakang tapi untuk mengingat sejarah.

 

Titik ketiga Desa lembursawah dan hegarmanah, lembursawah ini titik Stars olahraga goes sepeda bertajuk CEW Fans Riding 2022 dengan mengajak para komunitas bersilaturahmi akbar dengan menikmati pasilitas yang kami sediakan dengan melintasi kawasan-kawasan perdesaan di Kecamatan Cicantayan

Olahraga yang kedua lintas wisata alam dengan stars dari Desa lembursawah dengan rute di seputaran gunung walat sampai titik ke 3 Desa Hegarmanah dengan kolaborasi hiburan masyarakat dan UMKM berdaya diakhiri festipal lodong dan ini bukan kategori berbahaya ledakannya tetapi dari hiasan lodong sendiri bertajuk merawat history dan menjaga tradisi,

“Harapan kegiatan ini bisa mengkolaborasikan ABCGM, Academician (Akademisi), Business (Bisnis), Community (Komunitas), Government (Pemerintah) dan Media (Publikasi Media) atau pentahelix wisata yang kedepan bisa jadi hexa helix yang sudah modern dan ini harus dinikmati dan disupport oleh masyarakat, Pemerintah dan Pentahelix wisata yang harus mengambil dari kegiatan Cantayan Event week ini bagaimana ABCGM bisa berkolaborasi dan memanfaatkan menjadi ajang promosi,” ungkapnya menambahkan.

Sementara itu, Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa ( PMD ) Kecamatan Cicantayan Joppy Jr, AMKL, SKM, MM.kes menyampaikan, Cantayan Event week ( CEW ) ini merupakan Refpesetasi dari kolaborasi perdesaan kawasan agro wisata pusaka Cinta yang telah di tetapkan oleh SK BUPATI No 141/kep.1154 DPMD/2019 maka dari itu dengan adanya kegiatan CEW ada beberapa kegiatan salah satunya Seni dan budaya, UMKM dan IKM, Children fashion dan lainnya.

“Kami dari Kecamatan Cicantayan selalu berkolaborasi dengan Panitia dan lintas sektor terutama dengan Kepala Desa di Kecamatan Cicantayan agar bersatu padu dan gotong royong yang didalamnya ada pemberdayaan segala yang menyangkut kegiatan-kegiatan sumber daya alam, sumber daya manusia dengan event ini bisa kita gebyarkan,” ujarnya.

Joppy menambahkan, terlebih di Kecamatan Cicantayan juga ada beberapa goa sehingga ada beberapa pastisipasi mahasiswa/i dari bandung, jakarta yang melihat agro wisata yaitu di Desa Cisande dan Desa Sukadamai.

“Kami sudah mengundang dinas perindustrian dan MUI untuk membuat izin halal kemudian dinas kesehatan mudah-mudahan semua UMKM di Kecamatan Cicantayan sudah ada izin dan sudah dilakukan.

Pesan kepada warga masyarakat agar dapat mengambil adi sebesar-besarnya untuk ikut dalam kegiatan CEW mudah-mudahan seni budaya yang ada di Kecamatan Cicantayan bisa di undang oleh Kecamatan-Kecamatan yang ada di Kabupaten dan ini menjadi percontohan motivasi sehingga budaya yang ada di kita tetap utuh tidak hilang,” pungkasnya.

(Azhari M)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.