Bulan Juli Pemprov Sulbar Turunkan Ribuan Anak Putus Sekolah

Anak Putus Sekolah

MAMUJU, Cybernewsnasional.com – Selama bulan Juli 2023, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemprov Sulbar berhasil menekan 5.187 dari anak putus sekola atau ATS 48.105 di Sulbar.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulbar Mithhar mengatakan, upaya menekan angka ATS ini tidak lepas dari arahan PJ Gubernur Sulbar Prof. Zudan Arif Fakrulloh yang senantiasa memberikan pendampingan ke setiap OPD untuk bekerja secara kolaboratif.

“Ini berkat kerja kolaboratif, melibatkan semua kepala bergerak cepat melakukan aksi dari rumah ke rumah untuk penanganan ATS yang menjadi perintah khusus dari gubernur Sulawesi Barat,” ujar Mithhar.

Lanjut Mithhar, melalui Satgas yang telah dibentuk bergerak menangani empat plus satu masalah pembangunan Sulbar, yaitu Stunting, Anak Putus Sekolah, Perkawinan Anak, Kemiskinan Ekstrim, dan Inflasi.

Demikian pula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulbar selaku koordinator untuk penanganan ATS melakukan rekonfirmasi data ATS. Hasil pada pekan pertama tim telah mendapatkan data ATS di angka kisaran 2000-an, tetapi nyatanya hanya diangka ratusan.

Pada pekan kedua, tim kembali mendapatkan data angka konfirmasi ATS sebanyak 4000 lebih anak, namun hasil rekonfirmasi hanya seribuan. Lanjut pekan ketiga, tim Satgas mendapatkan angka ATS sebanyak 7000 lebih anak namun yang didapatkan hanya 2.121 anak.

Atas rekonfirmasi data tersebut ditindaklanjuti dengan mengembalikan anak bersekola dan beberapa sedang proses kembali ke sekolah. Totalnya 5.187 anak selama bulan Juli

“Ini yang harus kita luruskan untuk terus melakukan rekonfirmasi data guna mendapatkan angka ATS yang lebih akurat. Tim Satgas akan terus bergerak melakukan penanganan secara khusus guna mengatasi permasalahan ATS di Sulbar dan didukung oleh OPD Provinsi dan kabupaten,” kata Mithhar.

Mithhar mengajak kepada semua pihak untuk bersama-sama melakukan gerakan penanganan ATS di Sulbar.

“Kunci sukses menangani ATS di Sulbar butuh dukungan semua stakeholder untuk meretas permasalahan ATS yang menjadi perhatian dari bapak gubernur,” tutup Mithhar.

***(Hms/Kml)***

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.