Porprov VI Banten, Kontingen Sepeda Kota Tangerang Jadi Juara Umum

Salahsatu atlet sepeda dalam Kategori MTB XIE melewati garis finish di Mookervart Bike Park dalam ajang Porprov VI Banten, disaksikan langsung oleh Walikota Tangerang.

KOTA TANGERANG, Cybernewsnasional.com — Cabang Olahraga sepeda pada pekan olahraga provinsi (Porprov) Banten VI tahun 2022 telah selesai digelar, sebagai tuan rumah Kota Tangerang berhasil menjadi juara umum dari 7 Kontingen.

Kota Tangerang berhasil meraih 8 medali dengan perolehan 2 medali emas, 3 medali perak dan 3 perunggu. Sedangkan di posisi kedua diraih Kota Cilegon dengan total 6 medali dengan perolehan 2 emas, 2 perak dan 2 perunggu dan di posisi ketiga ditempati Kota Tangerang Selatan dengan total 3 Medali atas perolehan 1 emas, 1 perak dan 1 perunggu.

Menurut Ketua Panitia cabor Sepeda pada Porprov VI Banten, Wawan Gunawan, perlombaan sepeda dibagi dalam 6 kategori, diantaranya Individu Time Trial (ITT), Individu Road Race (IRR), freestyle BMX, Criterium, MTB XIE, dan MTB XIE, di Gelar dari tanggal 19 November s/d 24 November 2022.

“Kota Tangerang mendapatkan dua medali emas dari Kategori ITT dan Kriterium, tiga medali perak dari BMX, ITT dan Kriterium,” paparnya, Kamis (24/11/2022).

Venue Pertandingan pada Cabang Olahraga Balap Sepeda dalam ajang Porprov VI Banten 2022 di Kota Tangerang dibagi dalam 4 venue, di sekitar Kantor Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Jalan Benteng Betawi, Stadion Benteng Reborn, dan Mookervart Bike Park.

Mookervart Bike Park, merupakan salahsatu Venue yang baru dibuat oleh Pemerintah Kota Tangerang berlokasi di sisi sungai Mookervart tepat di jantung kota.

Kehadiran trek sepeda gunung (MTB) ini pun menarik banyak perhatian masyarakat tak terlepas Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah.

Pada hari terakhir perlombaan, Arief R Wismansyah didampingi Sekretaris Daerah Herman Suwarman, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tangerang, Kaonang, serta sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) menyambangi Mookervart Bike Park pada pagi hari.

Ketua KONI Kota Tangerang (Kiri) bersama Bapak Asuh Cabor Sepeda (Kanan) didampingi Ketu Panitia cabor Sepeda, berfoto usai mengalungkan medali di Perlombaan Sepeda Gunung XIE di Mookervart Bike Park.

Taufik Syahzaeni ST.,M.Si.M.Sc., selaku Bapak asuh cabor Sepeda dari Kota Tangerang melihat potensi trek sepeda gunung di Mookervart untuk mencetak bibit-bibit baru atlet sepeda gunung di Kota Tangerang.

“Kedepan kita akan diskusi dengan ISSI, kita akan cari bibit-bibit yang junior, baik di tingkat SMP atau sebagainya dan kedepan mungkin akan digelar pertandingan tingkat Pemerintah Kota Tangerang guna menjaring bibit berbakat atlet sepeda,” ucap Taufik, yang juga Kepala DPMPTSP Kota Tangerang.

Disisi lain, Ketua KONI Kota Tangerang, Hadi Rusman, pun menegaskan usai kunjungan walikota Tangerang di Mookervart Bike Park, orang nomor satu di Kota Tangerang menyampaikan kedepannya menjadi tempat latihan permanen sepeda gunung.

“Kita berharap kedepan sarana untuk membina atlet-atlet muda supaya nantinya ketika senior bisa meraih medali, kita bicara dua tiga tahun kedepan,” terangnya.

Hadi berharap cabang olahraga sepeda kedepan memperbanyak kejuaraan di ragam usia, agar dapat mencetak bibit-bibit atlet baru berbakat.

“Mudah-mudahan dengan peralatan yang baru dan fasilitas yang baru kedepannya bisa diadakan banyak kejuaraan supaya kita mendapatkan atlet-atlet yang umurnya masih muda bisa dibina kedepannya bisa jadi juara.” Pungkasnya. (ADV).