Warna Plat Nomor Bakal Berubah, Permudah Tilang Digital

Warna TNKB atau Plat nomor polisi dasar hitam yang kini digunakan.

Cybernewsnasional.com — Tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) atau plat nomor polisi kendaraan pribadi, badan hukum, perwakilan negara asing (PNA), dan badan internasional berencana akan diubah warnanya dari hitam menjadi putih.

Perubahan warna ini merupakan ketentuan Korps Lalu Lintas (Korlantas Polri) yang tertuang dalam Peraturan Kepolisian No 7/2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor.

Ketentuan yang ditandatangi oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo ini diteken pada 5 Mei 2021 dan mulai rencananya akan diterapkan secara bertahap mulai tahun 2022.

Kasubdit STNK Korlantas Polri Komisaris Besar Taslim Chairuddin mengatakan bahwa perubahan warna latar TNKB tersebut bertujuan memudahkan proses tilang elektronik melalui CCTV.

Taslim pun mencontohkan, huruf ‘S’ kadang terbaca sebagai angka lima atau sebaliknya. Huruf ‘I’ juga sering disalahartikan sebagai angka satu.

“Jadi, ketika warna dasar putih dan tulisan hitam maka angka atau hurufnya akan terbaca secara langsung,” ujar Taslim, kepada awak media Jumat 13 Agustus 2021.

Selain itu, pergantian warna plat nomor juga untuk membantu kamera pengawas (CCTV) menangkap bukti pendukung tindak kriminal, kecelakaan, dan kejahatan di lalu lintas

Perubahan warna latar plat nomor tersebut juga mencontoh negara-negara maju yang sudah lebih dulu menerapkannya.

“Kita mencontoh negara-negara yang sudah lebih dulu menggunakan ETLE atau kamera CCTV sebagai pengawasan operasionalisasi lalu lintas,” kata dia.

Berikut isi Peraturan Kepolisian Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor Pasal 45, mengenai perubahan warna TNKB, yakni:

(1) TNKB sebagaimana dimaksud dalam Pasal 44 ayat (1) berwarna dasar:

a. putih, tulisan hitam untuk Ranmor perseorangan, badan hukum, PNA dan Badan Internasional;

b. kuning, tulisan hitam untuk Ranmor umum;

c. merah, tulisan putih untuk Ranmor instansi pemerintah; dan

d. hijau, tulisan hitam untuk Ranmor di kawasan perdagangan bebas yang mendapatkan fasilitas pembebasan bea masuk dan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

(2) Warna TNKB sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditambahkan tanda khusus untuk Ranmor listrik yang ditetapkan dengan Keputusan Kakorlantas Polri.

(3) TNKB dipasang pada tempat yang disediakan dibagian depan dan belakang Ranmor yang mudah terlihat dan teridentifikasi.

(4) Standardisasi spesifikasi teknis TNKB ditetapkan dengan Keputusan Kakorlantas Polri.

(5) Pengadaan material TNKB diselenggarakan secara terpusat oleh Korlantas Polri.

(Ups)

 212 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.