Wakil Walikota Jakut Bersama Ratusan Personil Gabungan Lakukan Gerebek Lumpur

Jakarta.Cybernewsnasional.com – Wakil Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Juaini membuka kegiatan gerebek lumpur di Waduk Pluit, Minggu (25/9).

Diacara tersebut sebanyak 400 personel gabungan ikut dalam kegiatan yang dilakukan dalam upaya antisipasi datangnya musim hujan.

Menurut wakil walikota Jakarta Utara Juaini, seluruh pihak ikut berpartisipasi dalam antisipasi datangnya musim hujan diantaranya Sudin LH, Sudin Pertamanan, Sudin SDA, Satpol PP, dan UPK badan Air, petugas dari TNI dan Polri juga ikut serta, ditambah dengan masyarakat Jakarta Utara dari FKDM, Karang Taruna sampai dengan ketua RT/RW.

” Saya berharap dengan kegiatan kolaborasi gerebek lumpur ini dapat menjaga kondisi lingkungan tetap baik terutama saat musim hujan. Kami ingin kegiatan masyarakat dapat terus berjalan dengan baik tanpa terganggu dampak musim hujan. Ada 21 alat berat yang diturunkan dalam kegiatan ini, seperti satu unit pushboat, satu unit excavator long arm, dua unit amphibi besar, ditambah 4 unit tongkang, dan 13 unit Dump Truk,” Ujar Juaini.

Dia juga mengucapkan terimakasih pada semua pihak yang mau menjaga wilayah Provinsi DKI Jakarta khususnya Jakarta Utara menghadapi datangnya musim hujan.

“Semoga apa yang kita lakukan ini dapat bermanfaat, bukan hanya untuk warga Jakarta Utara, tetapi juga untuk diri kita sendiri,” tuturnya.

Ditempat yang sama Pangkolinlamil,Laksamana Muda TNI Agus Hariadi mengatakan pihaknya siap mendukung program Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara.

“Ini sejalan dengan yang kami laksanakan. Saat ini Kolinlamil juga sedang menjalankan program yang berkaitan dengan wilayah pesisir, seperti bersih-bersih pantai Pesisir Jakarta, melestarikan, menghidupkan kembali hutan mangrove yang selama ini tergerus oleh sampah pengguna-pengguna laut. Kita harus kurangi dan harus kita jaga. Dengan gerebek lumpur ini kami juga berharap dapat ikut menjaga Jakarta Utara sebagai tempat tinggal bersama,” katanya.

Untuk diketahui, wilayah basah dari gerebek lumpur yang dikeruk di Waduk Pluit seluas 18.600 meter persegi meliputi sisi barat, tengah, dan tenggara. Kedalaman yang dikeruk sedalam 2,5 meter dengan target lumpur sebanyak 46.500 meter kubik.

Penulis : EKO